oleh

Mulai Seleksi Pocil, Persiapan Lomba Tahun Depan

PRABUMULIH – Sebanyak 17 sekolah Senin (4/11) mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti seleksi polisi cilik (pocil) mengikuti perlombaan tahun depan dalam rangka HUT Lalu Lintas dipusatkan Dealer Thamrin Brother.

Kapolres Prabumulih, AKBP I Wayan Sudarmaya SH SIk MH melalui Kasat Lantas, AKP Betty Purwanti SIk menjelaskan, seleksi pocil tersebut sebagai persiapan mengikuti lomba pocil pada 2020.

“Selama dua hari, kita lakukan seleksi pocil baru. Setiap sekolah mengirimkan 10 orang siswa putra dan putri, sebanyak 17 sekolah tingkat SD mengikuti seleksi tersebut,” terangnya didampingi KBO Lantas, Iptu Aris Munandar.

Diakuinya, seleksi pocil ini memang mengandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). “Kita dibantu Disdikbud dalam seleksi pocil persiapan lomba tahun depan,” jelasnya.

Sambungnya, hasil seleksi ini akan mengambil 31 siswa terbaik untuk dibina dan dilatih menjadi pocil. “Besok (hari ini, red), hasil seleksi pocil langsung kita umumkan. Yang jelas, 31 siswa terpilih itulah terbaik. Untuk kita didik dan latih menjadi pocil binaan Satlantas. Pengemblengan segera dilakukan, sehingga pocil kita punya kemampuan mumpuni,” ujarnya kepada awak media.

Sebutnya, penilaian difokuskan memang masalah latihan teknik baris berbaris (LTBB). Karena, memang pocil menitik beratkan LTBB. “Sengaja kita lakukan seleksi jauh-jauh hari, untuk memaksimalkan pelatihan dan pembinaan,” tukasnya.

Akunya, pocil dididik dan dilatih maksimal pada lomba 2020. Pocil binaan Satlantas, prestasinya bisa terus di tingkatkan lagi supaya bisa mengharumkan nama Prabumulih.

“Tahun ini, pocil binaan kita meraih juara ketiga. Tahun depan, kalau bisa menjadi juara pertama,” harapnya.

Lanjutnya, lewat pocil ini juga secara tidak langsung menanamkan pendidikan berlalu lintas sejak dini. Agar anak paham dan mengetahui aturan lalu lintas, tentunya benar dan bermanfaat baginya. “Tujuannya juga untuk menciptakan generasi patuh dan taat berlalu lintas. Mendukung, Satlantas menciptakan dan mewujudkan zero accident,” tambahnya. (03)

 

Komentar

News Feed