oleh

Mulai Persiapan, Pojok Baca Aksara Buka 2021

PASAR I – Masih ingat dengan pojok baca aksara Kelurahan Pasar 1 Kecamatan Prabumulih Utara, yang menjadi satu satunya penerima bantuan pojok baca dari Gubenur Sumsel?

Kini bantuan berupa 426 judul buku, 2 unit rak buku, 1 unit komputer, serta 1 buah meja komputer sudah diterima oleh pihak Kelurahan Pasar 1. “Sekarang dalam persiapan untuk kelengkapan, karena rencana 2021 sudah mulai operasi,” kata Lurah Pasar I M Imam Basuki SE MM.

Adapun lokasi pojok baca ungkap Imam, yakni ruangan yang sebelumnya dijadikan tempat penyimpanan atau gudang. “Jadi yang dulu gudang, kita sulap kita rapikan jadi tempat pojok baca. Nantinya akan kita buat senyaman mungkin, sehingga anak-anak menjadi betah,” ujarnya mengatakan perpustakaan memiliki petugas khusus dari kelurahan yang sudah di SK kan.

Selain memiliki banyak buku bacaan, dan ruangan yang nyaman. Imam menuturkan, Kelurahan Pasar I juga telah dilengkapi wifi. “Anak-anak pasti senang, bukan hanya anak-anak pelajar ataupun mahasiswa yang punya tugas bisa ke Kelurahan ada wifi gratis,” tuturnya.

Lebih jauh suami Hj Yunita Idrus ini menambahkan, untuk mendukung program pojok baca kelurahan pihaknya akan bekerjasama dengan sejumlah pihak yang ada di Kelurahan Pasar 1. “Nanti akan kerjasama dengan pihak lain di Pasar 1 untuk mendukung perpustakaan. Baik sekolah, SD SMP ataupun toko buku,” imbuhnya mengatakan nantinya pojok baca akan buka setiap hari selama jam kerja.

Dalam kesempatan itu, ia mengutarakan pihak provinsi siap membantu meminjamkan 100 judul buku pertriwulan. “Ini jadi nilai lebih bagi kita, aka nada tambahan pinjaman buku. Jadi Insyaallah buku yang tersedia cukup untuk anak-anak belajar, dan mencari ilmu pengetahuan,” tukasnya.

Untuk diketahui, pojok baca aksara Kelurahan Pasar 1 Kecamatan Prabumulih Utara, menjadi satu satunya pojok baca yang menerima bantuan buku dari Gubenur Sumsel, Senin (2/11/2020).

Penyerahan bantuan pojok baca tersebut, digelar di Griya Agung Provinsi Sumsel yang diterima secara simbolis oleh Kepala Dinas Perpustakaan  dan Arsip Mulyadi SPd MSI didampingi Lurah Pasar 1 M Imam Basuki SE MM.

“Kota Prabumulih satu diantara 12 kabupaten kota yang dapat bantuan buku, dan kelurahan Pasar 1 yang beruntung. Alhamdulillah dipercaya mendapat bantuan dari pak Gubernur H Herman Deru,” kata Lurah Pasar 1 M Imam Basuki SE MSI ketika itu.(08)

 

 

 

Komentar

News Feed