oleh

MPLS, Tekankan Pendidikan Karakter

PRABUMULIH – Usai libur menyambut tahun ajaran baru, kini beberapa sekolah mulai mempersiapkan diri untuk melaksanakan kegiatan Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Pantauan koran ini Sabtu (13/7), beberapa sekolah mulai memanggil para peserta didik baru (PDB), untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan MPLS mulai Senin ini.

Diantaranya adalah SMPN 6 melakukan hal itu. Kepala SMPN 6, Fickri SIP MM mengatakan, kegiatan MPLS tahun ini bertema pendidikan karakter dan nasionalisme. Dalam pelaksanaan MPLS merupakan momentum kegiatan bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan.

“Kita harus menanamkan pendidikan karakter sejak pertemuan pertama pada siswa baru. Selain itu, momen MPLS menyampaikan kesan menyenangkan. Kita perlu memberikan kesan, menyenangkan melalui berbagai kegiatan edukasi dan kreatif yang menyenangkan. Sehingga, mereka selalu nyaman berada di lingkungan sekolah ,” jelasnya didampingi Ketua umum MPLS, Ahmad Zazili SSos dan Ketua Pelaksananya, Andres Armyko MPd.

Sementara itu, Waka Humas, Ilham Syamsudin SPd menambahkan, pelaksanaan kegiatan mpls di SMPN 6 diagendakan selama 3 hari, mulai dari senin (15/7) hingga Rabu (17/7) mendatang. Dalam waktu 3 hari tersebut, para siswa diberikan pengetahuan mengenai berbagai aktivitas di sekolah dengan diisi oleh beberapa pemateri.

Akunya, materi diberikan meliputi Wiyatamandala, pendidikan karakter, nasionalisme, pola hidup sehat, gerakan anti narkoba dan anti korupsi, ekstrakurikuler di sekolah dan kepramukaan. “Untuk menyampaikan beberapa materi tersebut, kita meminta bantuan beberapa nara sumber yang berkompeten di bidang masing-masing. Diantaranya ada dari Disdik, Dinkes, BNN, kejaksaan, Puskesmas dan, para guru Spena,” bebernya.

Diketahui peserta MPLS berjumlah sebanyak 156 siswa yang dibagi menjadi 6 kelompok dengan nama Penguatan dan pendidikan karakter yakni kelompok religius, mandiri, jujur, disiplin, integritas, nasinalis. “Dalam pelaksanaan kegiatan MPLS, para siswa tidak memakai atribut yg aneh-aneh, cukup menggunakan pakaian sekolah putih biru dan atribut seperti topi dan dasi,” tandasnya. (05)

Komentar

News Feed