oleh

MPLS Sesuai Instruksi Disdikbud

-Pendidikan-75 views

URIP Sumoharjo – SMP Yayasan Bakti Prabumulih, memberikan materi Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) berdasarkan instruksi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Prabumulih.

Ada tiga hal penting yang disampaikan dan ditanamkan dalam diri peserta didik baru sebelum memulai kegiatan belajar mengajar di sekolah. Diantaranya bahaya korupsi dan bahaya Narkoba yang harus dihindari, serta tata tertib lalu lintas yang Harus dipatuhi oleh para siswa saat di perjalanan.

Untuk menyampaikan materi tersebut pihak sekolah mengundang para narasumber yang berkompeten di bidang masing-masing. Seperti bahaya narkoba pihak SMP YB mengundang narasumber dari Badan narkotika Nasional Kota Prabumulih, mengenai bahaya korupsi ada perwakilan dari kejaksaan Negeri serta untuk menyampaikan tata tertib lalu lintas mengundang anggota Kepolisian Sektor Prabumulih Barat.

“Pada intinya dalam MPLS kita mengenalkan lingkungan sekitar sekolah kepala peserta didik baru. namun seiring dengan agenda tersebut kita mendapatkan instruksi dari dinas pendidikan agar menyampaikan 3 materi penting tersebut kepada peserta didik baru,”jelas Kepala Sekolah SMP Yayasan Bakti Prabumulih, Drs Arkoni Selasa (16/7).

Diketahui setidaknya tahun ini peserta didik baru SMP Kota Prabumulih berjumlah sebanyak 120 orang, jumlah tersebut masih tetap sama seperti tahun sebelumnya karena kuota ruang kelas terbatas.

“Efek dari penerimaan peserta didik baru sistem zonasitidak begitu berpengaruh pada jumlah siswa baru. Hanya saja kita beruntung, karena beberapa siswa berprestasi mulai dari tingkat SD bisa masuk ke SMP swasta karena tidak bisa diterima di sekolah negeri dengan alasan tidak masuk zona sekolah,”jelasnya seraya mengatakan beberapa siswa baru SMP YB tahun ini banyak yang berprestasi dibidang akademik.

Lebih jauh Arkoni mengatakan selain menyampaikan beberapa materi penting, para peserta MPLS mengikuti berbagai kegiatan yang dilakukan oleh pengurus OSIS. Mulai dari berbagai perlombaan serta permainan yang menyenangkan sebagai kegiatan mengisi waktu perkenalan. “Kita harus memberikan kesan pertama yang menarik kepada peserta didik baru. karena itu Para pengurus OSIS memberikan game dan berbagai kegiatan hingga hiburan dalam rangkaian kegiatan MPLS,”tandasnya.(05)

Komentar

News Feed