oleh

Monitoring Stabilitas Harga Sembako

PRABUMULIH – Ketidakstabilan harga bahan pokok di pasaran bisa saja terjadi. Terlebih menjelang Hari Raya Idul Fitri. Terkait hal itu, Polres Prabumulih terus melakukan monitoring.
Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH melalui Kasat Reskrim, AKP Eryadi Yuswanto SH MH mengatakan, untuk menciptakan suatu kondisi yang aman, diperlukan juga kondisi masyarakat yang nyaman dan aman. Yakni dalam kebutuhan sehari-harinya terutama memenuhi kebutuhan pokok.
“Aman dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan aman dalam beraktivitas. Kemungkinan kenaikan harga barang sembako di pasaran, berpengaruh juga dalam situasi kamtibmas. Ini yang perlu dicari solusinya,” ujar AKP Eryadi dibincangi belum lama ini.
Menurut dia, tindak kriminalitas dapat terjadi dapat terjadi dari salah satu faktornya yaitu untuk pemenuhan atau mencukupi kebutuhan pokok seperti saat ini Ramadhan.
“Fenomena seperti ini yang menjadi deteksi dini jajaran kita,” kata dia seraya mengatakan barang pokok sembako menurut pantauan di lapangan pihaknya belum ada kenaikan yang signifikan.
Lebih lanjut dikatakan Eryadi, dari hasil sementara kegiatan monitoring itu, beberapa pedagang memberikan informasi bahwa untuk harga sembako lainnya masih stabil. Dan belum ada peningkatan.
“Kita harap juga pedagang di pasar khususnya di kota ini jangan terpengaruh untuk menaikkan atau menurunkan harga sembako seenaknya sendiri. Kita pun akan terus melakukan monitoring harga di pasaran ini,” tuturnya.
Mantan Kasat Reskrim Muara Enim ini pun menjelaskan bahwa selain mengecek harga sembako, pihaknya juga melakukan pengecekan produk di pasar.
Apabila ditemukan produk yang sudah kadaluarsa, maka pihaknya akan mengimbau kepada pedagang agar tidak menjual produk tersebut. Sebab akan membahayakan bagi kesehatan konsumen bila dikonsumsi.
“Iya selain itu juga kita imbau kepada masyarakat yang berbelanja ke pasar agar tidak mengenakan perhiasan yang mencolok, sebab dapat mengundang pelaku kejahatan. Dan juga bagi yang membawa kendaraan agar memarkir kendaraannya secara teratur agar tidak terjadi kemacetan di jalan, sebab dapat mengganggu pengguna jalan lainnya,” tukasnya. (07)

News Feed