oleh

Monitor Sekolah Ramah Anak

PRABUMULIH – Aktivitas Sekolah Ramah Anak (SRA) di Kota Prabumulih tetap dimonitor pihak terkait, dalam hal ini Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak (DPKB PPPA) Kota Prabumulih.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Dinas DPKB PPPA, Eti Agustina SKM MKes, saat di konfirmasi koran ini Kamis (27/5/2021). Menurutnya, setelah mendapatkan plang merek sebagai SRA, maka sekolah harus melaksanakan sistem pembelajaran yang memenuhi hak anak.

Dan melengkapi sarana prasarana seperti ada ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS), musholla, Perpustakaan, kantin sehat dan warga sekolah harus berkomitemen terhadap hak dan kewajiban anak. “Harapannya pemenuhan hak anak di sekolah ini dapat mendukung Prabumulih sebagai Kota Layak Anak (KLA),” jelasnya.

Lebih jauh Eti menyampaikan, terpasangnya papan tersebut, menjadi tugas berat bagi pihak sekolah sebagai sekolah ramah anak. Karena setiap tahun kegiatan SRA akan terus dievaluasi.

“Karena ke depan evaluasi SRA akan langsung di nilai oleh Kementerian PP dan PA. Insya Allah enam sekolah ini siap untuk diverifikasi oleh tim Pusat. Dan kita juga terus memonitoring kegiatan SRA di masa pandemi,” tandasnya.

Sebanyak enam sekolah yang dinilai layak menjadi Sekolah Ramah Anak (SRA), di Kota Prabumulih mendapatkan bantuan papan nama SRA. Keenam sekolah adalah 5 SMP dan 1 Sekolah Dasar, yaitu SMPN 1, 2, 3,5 dan SMPN 6 serta SD Negeri 80.

“Alhamdulillah kita menjadi salah satu sekolah yang dijadikan sebagai sekolah ramah anak. kita berharap dengan terpasangnya papan merek SRA, dapat menjadi motivasi agar dapat mewujudkan program benar benar sebagai SRA,” kata Kepala Sekolah SMPN 5 Prabumulih, Lutfi SAg MM.

Diketahui sekolah yang beralamat di Kelurahan Muara Dua ini, memang terdapat beberapa fasilitas untuk memberikan kenyamanan para siswa saat berada di lingkungan sekolah. “Sebagai sekolah yang berstatus Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional tentu ada kaitan dengan Sekolah ramah Anak. karena itu kita berharap dapat memberikan yang terbaik dalam program sebagai SRA ini dalam memberikan kenyamanan kepada keluarga sekolah saat berada di lingkungan sekolah,” harapnya. (05)

Komentar

News Feed