oleh

Monitor Raport Mutu Sekolah

-Pendidikan-17 views

PRABUMULIH – SMPN 4 Prabumulih, mendapatkan Kunjungan dari tim monitoring dan evaluasi  Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), kemarin. Kunjungan tersebut  dalam rangka untuk mengevaluasi pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) yang dilakukan pihak sekolah .

Selain itu kedatangan Tim dari LPMP ke salah satu Sekolah Rujukan di Kota Prabumulih ini juga untuk memonitor dan evaluasi raport mutu sekolah, yang  dilihat dalam penerapan pelaksanaan 8 standar nasional pendidikan (NSP), hasil raport mutu tahun 2019.

“Alhamdulillah pelaksanaan tersebut selalu di monitoring dan di evaluasi secara rutin oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMP  yaitu bapak Asdiqi, S.Pd  sehingga dalam pelaksanaan supervisi mutu selalu terkoordinasi,” jelas Kepala Sekolah SMPN 4 Prabumulih, Drs Asrowi MSi, Selasa (1/12/2020).

Menurutnya, Dari raport mutu pihak sekolah akan mengetahui  kelemahan dan kekuatan yang dimiliki oleh sekolah tersebut, sehingga sekolah dapat membuat  program kerja sekolah untuk meningkatkan nilai raport.

“Sebagai salah satu contoh, sekolah melaksanakan IHT BDR, classroom, google form dan zoometing serta pembuatan video pembelajaran online untuk meningkatkan kemampuan IT guru, yang dilaksanakan pada bulan November  lalu,”bebernya.

Sementara Ketua Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS),  Yopi Aprida, MPd menambahkan, bahwa raport mutu diperoleh  dari pengisianEvaluasi Diri Sekolah (EDS) yang dilakukan oleh tim TPMPS. Yang didapatkan dari 10 responden, yaitu dari guru dan kepala sekolah.

Dia mengatakan, dengan adanya supervisi mutu yang dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas sekolah dan tercapainya  8 standar nasional pendidikan.

“Kita berharap agar supervisi mutu rutin dilaksanakan, sehingga pihak sekolah juga secara rutin mengevaluasi diri dan memperbaiki kelemahan yang ada di sekolah,” tandasnya.(05)

Komentar

News Feed