oleh

Minta RT RW Pantau Pendatang

-Kecamatan-10 views

//Cegah Penyebaran Covid

PRABUMULIH – Penyebaran Covid-19 di Kota Prabumulih, salah satunya merupakan kluster dari pekerja yang berasal dari luar daerah Kota Prabumulih.

Nah, terkait itu banyak berharap agar setiap pekerja yang berasal dari luar Kota Prabumulih diawasi ketat. “Banyak yang begawe di luar, atau tugas luar terus balek nular ke bininyo. Itu riskan, apolagi cak perusahaan-perusahaan tambang dan minyak banyak dari luar. Kalau biso itu diawasi, takutnyo nambah penyebaran covid,” kata sejumlah warga.

Ketua DPRD Sutarno SE melalui Wakil Ketua I H Ahmad Palo SE, dikonfirmasi apakah perlu adanya pengawasan bagi pekerja dari luar? Palo menilai hal itu perlu dilakukan. Salah satunya yani, agar dilakukan pemantauan kepada pendatang yang bekerja dari luar kota.

“Kita harapkan aparatur pemerintahan RT RW di lingkungan masing-masing,  agar memantau masyarakat yang datang dari luar kota.  Kita mintakan mereka kalau sudah dri luar kota menunjukan hasil rapid, atau rapid antingen yang cepat hasilnya. Itulah salah satu langkah yang bisa dilakukan dalam mencegah penyebaran covid,” tuturnya.

Selain agar memantau pendatang dan pekerja dari luar kota, Palo juga meminta kepada Camat dan Lurah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. “ Berikan pemahaman agar kita patuh dengan prokol kesehatan, yakni menghindari kerumunan yang justru  akan menimbulkan permasalahan baru dalam persebaran covid ini,” pintanya.

Disinggung terkait Perwako tentang protokol kesehatan, saat ini penerapannya belum sepenuhnya maksimal. Menurut ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, penegakan disiplin udah dilakukan. “Tapi memang perlu digiatkan lagi, kita tidak boleh menyerah untuk mengingatkan masyarakat. Kemudian juga, sanksi itukan bukan solusi yang paling baik. Yang baik itu memberikan pemahaman kepada masyarakat, edukasi agar bersama-sama mencegah covid yang sekarang dalam kondisi zona merah,” terangnya.

Lebih jauh Palo menyampaikan, dengan kondisi zona merah seperti saat ini. Untuk DPRD sendiri mulai mengurangi aktivitas, termasuk tak melakukan dinas luar (DL). “DPRD sudah sepakat antara pimpinan dan sekwan bahwa setelah kegiatan yang kita lakukan hari ini (paripuna hasil reses), akan setril dan akan membatasi aktivitas di DPRD. Kita harapkan ini juga berlaku bagi kantor yang lain, yang rentan penyebaran covid,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed