oleh

Minta Parpol Segera Seleksi Caleg

PRABUMULIH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengingatkan, agar partai politik (parpol) segera menyeleksi calon legislatif (caleg) yang akan mewakilinya untuk merebut kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.
Ketua KPU, M Takhyul Hamid SIP melalui Komisioner Divisi Hukum Sirajuddin SH menyebutkan, penyeleksian atau rekrutmen caleg hendaknya dilakukan parpol mulai sekarang. Sehingga bisa dipilih secara selektif caleg terbaik sehingga bisa merebut kursi dan mewakili parpolnya di DPRD.
“Seleksi caleg segera dilakukan mulai dari sekarang, meski penetapan caleg akan dilakukan pada Agustus nanti,” wanti Siraj ketika dibincangi koran ini, Jumat (23/3).
Pensiunan PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) ini menerangkan, para perekrutan atau seleksi caleg juga harus memperhatikan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen. “Walaupun, sekarang kita masih menunggu penentuan daerah pemilihan (Dapil). Apakah tetap atau berubah, tetapi seleksi caleg harus dilakukan. Termasuk, soal keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat, H Kesuma Irawan SH menyebutkan, kalau penjaringan kader terbaiknya sebagai caleg sudah mulai dilakukan. “Setiap dapil, kita tetapkan 9-12 caleg akan bersaing merebut kursi di DPRD. Pada Pileg 2013 silam, kita berhasil meraih 3 kursi di lembaga legislatif tersebut,” jelasnya.
Ia menuturkan, pada Pileg 2019 target tersebut bisa dipertahankan dan bahkan lebih. Makanya, penjaringan caleg dilakukan seleksi dengan ketat. Supaya, caleg yang dicalonkan benar-benar bisa mendulang suara bagi partai. “Termasuk saya, akan kembali mencalonkan diri sebagai caleg. Untuk merebut kursi DPRD pada Pileg 2019,” tukasnya. (03)

News Feed