oleh

Minta KONI Tegakkan Aturan

PRABUMULIH – Adanya aksi protes peserta pekan olahraga provinsi (Porprov) cabang olahraga (cabor) catur disesalkan Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM.

Pasalnya, kata dia, kejadian tersebut berimbas kepada Prabumulih sebagai tuan rumah.

“Saya sudah telpon pihak KONI, agar permasalahan di cabor catur diselesaikan segera. Sehingga, pertandingan catur bisa kembali dimulai,” ujar Ridho, sapaan akrabnya di sela-sela menyambangi cabor catur, Kamis (14/11).

Ia tidak bisa terlalu ikut campur, hanya memberi saran dan imbauan saja. Karena, masalah itu murni internal KONI. “Makanya, kita minta KONI komitmen dengan aturannya. Sehingga, tidak menimbulkan kekisruhan. Dan, kejadian ini harus dijadikan pelajaran bagi cabor lain. Sehingga, tidak berulang atau terulang,” pesan orang nomor satu di Kota Nanas ini.

Sambungnya, kalau masalah sarana prasarana penyelenggaraan Porprov. Dirinya mengakui, bisa mengambil kebijakan.

“Kalau masalahnya soal sarana prasarana. Bisa saya putuskan langsung, kalau internal tidak bisa. Karena, wewenangnya KONI. Apalagi, sifatnya teknis,” tambahnya.

Disinggungnya, soal penambahan guna mendongkrak perolehan medali guna jadi juara. Menurutnya, tidak etis dan sama seperti halnya penggunaan atlit luar.

“Intinya, tegakkan aturan sesuai ketentuan dan aturan. Itu baru benar namanya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Pertandingan Porprov, Syamsul Ramel menuturkan, sesuai ketentuan mengacu pada Pekan Olahraga Nasional (PON) hanya 12 medali emas, 12 perak dan 12 perunggu. Nah, permasalahan ini sendiri akan disampaikan dengan dewan hakim dan sudah dilaporkan.

“Kalau aturan mengacu PON, memang hanya 12 medali emas diperebutkan. Bukan 24 atau 36 medali, itu sudah aturannya,” tukasnya.

Ungkapnya, nanti dewan hakim memutuskan permasalah cabor catur. Dan, sudah datang ke Prabumulih untuk menyelesaikan masalah itu.

“Mudah-mudahan, besok (hari ini, red) pertandingan catur sudah dilanjut kembali. Karena, sudah ada keputusan dewan hakim,” pungkasnya. (03)

 

 

Komentar

News Feed