oleh

Minta Digelar di Zona Hijau

-Olahraga-13 views

JAKARTA – Modal penting dikantongi PSSI untuk menggulirkan kembali kompetisi di semua level. Setelah federasi sepak bola Indonesia itu mendapatkan dukungan dari Ketua KONI Pusat Marciano Norman. Dukungan itu diperoleh PSSI saat Ketum PSSI Mochammad Iriawan mendapat kunjungan dari pejabat teras KONI Pusat di kantornya Selasa (16/6).

“Saya paham, di masa pandemi Covid-19 ini, PSSI merupakan salah satu induk cabang olahraga yang merasakan pukulan paling berat. Kebangkitan kompetisi sepak bola akan menjadi sinyal kebangkitan Indonesia di masa pandemi ini,” ucap Marciano Norman seperti dikutip dari Sumatera Ekspress (Fajar Indonesia Network Group).

Dia meyakini bahwa PSSI bisa memutar kembali kompetisi di tengah pandemi Covid 19. Toh di belahan negara lain, macam Jerman mampu memutar Bundesliga, Spanyol menggulirkan La Liga, dan Inggris memutar lagi Liga Inggris. Kompetisi Indonesia diyakini bisa kembali diputar mulai Liga 1 hingga Liga 3 dengan memperhatikan daerah yang sudah dinyatakan sebagai zona hijau Covid-19.

“Dikendorkannya PSBB, masuk ke masa transisi, berputarnya aktivitas olahraga memberikan satu nafas pada sebuah kelompok besar. Karena yang ikut kegiatan sepak bola ini kan banyak rangkaiannya. Bahkan olahraga di Indonesia harus jadi industri. Sepak bola tentu sudah masuk ke area sport industry, tapi 63 cabang lain yang bernaung di bawah KONI juga harus diarahkan ke sana,” terang purnawirawan jenderal bintang tiga TNI AD itu.

PSSI memang berusaha memutar kembali kompetisi. Sesuai hasil dari rapat dengan peserta kompetisi baik Liga 1 maupun Liga 2, mereka sepakat kompetisi yang sempat terhenti dilanjutkan.

Bahkan format lanjutan kompetisi sudah disepakati. Tersentral di Pulau Jawa dan Liga 2 digelar dengan format home tournament. Sebanyak 24 klub dibagi menjadi empat grup. Juara dan runner up masing-masing grup ke babak delapan besar kemudian berjuang ke final. Perubahan format itu juga mengubah kuota promosi ke Liga 1 dari tiga klub menjadi dua. Putusan tersebut masih nunggu rapat Exco PSSI.

“Sebagai salah satu anak cabang olah raga di bawah KONI, kami siap bekerja keras. Mewujudkan harapan pemerintah dan masyarakat untuk memberikan prestasi terbaik pada dunia sepak bola kita,” jelas Ketum PSSI Mochammad Iriawan.(kmd/gsm)

Komentar

News Feed