oleh

Minta Bedakan Lapak Agen dan Lapak Pedagang

PRABUMULIH – Sosialisasi pemindahan pedagang ikan ke Pasar Ikan Basah (PIB), kembali dilakukan Pemerintah kota (Pemkot), Senin (11/1/2021) di Balai Karya.

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota (Wawako), H Andriansyah Fikri SH menyampaikan, sesuai amanat Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM, kemarin agar mendata pedagang yang mau pindah ke PIB secara sukarela.

“Kita mendata pedagang ikan mau pindah tanpa paksaan ke PIB,” ujar Fikri, sapaan akrabnya menyampaikan.

Ungkapnya, pemindahan pedagang pasar ikan bertujuan menertibkan pedagang agar mau pindah ke PIB. “Kita (Pemkot, red) sudah diberikan kepercayaan Kementerian Kelautan Peringatan (KKP), dibangunkan PIB. Dipertanyakan, kenapa lapak sudah jadi belum ditempati juga,” terang Orang Nomor Dua di Kota Nanas ini.

Dalam pemilihan pedagang ikan ini, lanjutnya Pemkot berupa mengakomodir keinginan pedagang. “Makanya, silakan sampaikan saran dan masukan untuk pemindahan pedagang ikan guna berlangsungnya pemindahan pedagang ikan ini,” ucapnya.

Ia pun akan mengakomodir keinginan pedagang ikan agar agen ikan dan pedagang ikan tidak dicampur. “Pedagang ikan dan agen, memang seperti minyak dan air tidak bisa dicampur,” aku suami Hj Reni Indahyani SKM MSi.

Wawako juga, menyambut baik usulan pedagang ikan. Kalau lapak di PIB, bukan untuk pemilik lapak. Tetapi, lapak untuk berjualan ikan. “Lapak ini, dipakai untuk yang berjualan ikan,” tukasnya.

Pada pertemuan sebelumnya, Wako, Ir Ridho Yahya MM juga menegaskan, kalau lapak pedagang ikan di PIB tidak boleh disewakan dan dijual belikan. “Lapak PIB ini, untuk pedagang ikan berjualan,” pesannya.

Sebelumnya, Ajie, salah satu agen ikan mengatakan, setuju pindah dan menempati PIB. Akan tetapi, memang lapak agen dan lapak pedagang ikan harus dipisah.

“Yang menempati lapak di PIB, harus benar-benar berjualan ikan. Ini tidak, tuan meja juga ingin dapat lapak. Dan, lapak bukan dijadikan tempat berjualan. Tetapi, disewakan,” terangnya.

Senada juga dikatakan Askari, ia pun mau pindah asalkan semua pedagang ikan pindah ke PIB. “Jangan sampai, kita pindah. Lapak lama disewakan ke lain. Selain itu, lapak di PIB hanya untuk pedagang ikan saja. Bukan, untuk tuan lapak,” tutupnya. (03)

Komentar

News Feed