oleh

Minggu Idak Pindah, Senen Kito Tertibkan

-Metropolis-119 views

PRABUMULIH – Sebanyak 500 Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Sudirman Pasar Inpres dan sekitarnya, dibatasi pada Minggu (18/8) segera pindah ke pasar tradisional modern (PTM). Baik, PTM 1 dan PTM 2. Jika tidak pindah, kata Kepala UPTD Pasar Inpres, Taufik Hidayah SE, Seninnya (19/8), bakal ditertibkan. Karena, sebelumnya surat imbauan dan juga imbauan langsung kepada PKL menjadi sasaran relokasi.

“Kalau minggu idak pindah, Senen kita tertibkan PKL. Sudah kita siapkan angkutan dan petugas, untuk mengangkut lapak PKL membandel atau enggan pindah,” ujar Taufik, sapaan akrabnya kepada awak media, Kamis (15/8). Selama ini, tukasnya petugas sudah cukup melunak. Apalagi, surat imbauan, imbauan langsung sudah dilaksanakan. “Penindakan, memang kita lakukan upaya terakhir. Jika PKL masih tetap bandel atau ngotot. Penegasan lewat penindakan, memang dirasa perlu,” tandasnya.

Sambungnya, PKL dipindahkan tidak hanya di Jalan Sudirman Pasar Inpres. Tetapi juga, PKL di Jalan Buntu, Jalan Andalas, dan Jalan Prof M Yamin khususnya di bahu jalan. “Tadi pagi (kemarin, red), kita sudah turunkan tim gabungan. Setelah surat imbauan kita sebar ke PKL, imbauan langsung tim gabungan sudah dilakukan,” bebernya.

Akunya, tim gabungan tersebut melibatkan TNI (Koramil, Yonzipur 2/SG, Subdenpom), Polri (Polres Prabumulih), Sat Pol PP, Dishub, dan lainnya. “Jumlah personel gabungan tersebut, sekitar 80 personel. Tadi imbauan langsung kita, direspon baik PKL,” ucapnya. PKL sendiri, kata Taufik sudah berangsur pindah ke PTM. Sekitar 40 persen PKL dari 500 orang, sekitar 40 persennya sudah pindah dan mengangkut lapaknya.

Relokasi PKL ini, akunya agar Jalan Sudirman steril dari PKL dan kelihatan lebih indah dan tidak lagi semerawut. “Harapan kita, Minggu ini batas terakhir. Semua pedagang sudah masuk ke PTM, tidak lagi di Jalan Sudirman dan sekitarnya. Agar lebih rapi dan tertata,” bebernya.

Yati (46), salah satu PKL di Jalan Sudirman mengaku, mendukung kebijakan relokasi tersebut. Kata dia, asalkan semua PKL pindah dan masuk ke PTM. “Kita tidak berkeberatan, pindah ke PTM. Apalagi, lapaknya memang sudah disediakan,” terangnya. (03)

Komentar

News Feed