oleh

Minat Emas Turun, Perak Naik Daun

PRABUMULIH – Minat masyarakat untuk membeli emas, saat ini menurun drastis.

Betapa tidak, selain kondisi ekonomi yang terpuruk akibat pandemi, harga emas masih menjulang tinggi.

Yu Jiang pemilik toko emas Anda, mengakui saat ini harga emas masih menyentuh harga Rp 4 Jutaan.

“Harga sekarang 1 sukunya masih Rp 4. 850.000. Waktu masih harga Rp 3 juta saja sudah sepi, sekarang makin sepi yang beli,” kata Yu Jiang.

Pria yang akrab disapa Ko Yucong ini menambahkan, selain sepi pembeli. Masyarakat yang menjual atau tukar tambah emas juga sepi. “Sama saja, baik yang jual atau yang beli sepi. Sepertinya makin susah sekarang,” imbuhnya.

Menurutnya dalam kondisi seperti saat ini, masyarakat lebih banyak memikirkan kepentingan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Saat ini untuk makan saja banyak yang susah karena corona, jadi kalau ada yang pasti pilih untuk kebutuhan dulu,” jelasnya mengatakan untuk yang membeli emas hanya skala kecil seperti cincin.

Sementara itu, berbanding terbalik dengan emas yang minim peminat. Bisnis perak di Kota Prabumulih kini justru naik daun.

Terbukti, sejak wabah covid 19 pemilik usaha perak makin banjir pesanan. Uniknya, dari beberapa pesanan banyak pelanggan yang memilih perak disepuh emas.

“Kalau dulu cuma isi agen sama toko perak, sekarang sejak pandemi berani jualan via online dan respon pembeli begitu banyak,” kata Arianto (36) pengrajin perak yang beralamat di perumahan Griya Permata Indah (GPI) nomor 18 Blok C1.

Tak hanya banjir pesanan dari Kota Prabumulih, saat ini pelanggan perak juga sudah dari pulau Jawa. “Kirim kita lewat online, pelanggan tetap sudah ada dari Pali dan Muara Enim,” tuturnya.

Untuk harga diakui Anto memang lebih murah dibanding emas. Namun, harga tetap disesuaikan dengan pesanan. “Kita timbang, dan untuk perak itu asli dari Tanjung Batu OI. Untuk perak selain cincin gelang dan kalung, kami juga menerima pesanan kalung nama,” tukasnya.

Salmatus Sakdiyah salah satu pelanggan perak mengaku lebih memilih perak lantaran murah. “Selain murah perak juga tak kalah mewah, cocoklaj jadi perhiasan kalau di jaman sekarang ini. Di sepuh emas juga mirip dengan emas betulan, bisa dipakai kondangan,” kata ibu tiga anak ini.(08)

Komentar

News Feed