oleh

Metik Langsung, Harga Jagung Lebih Murah

-Kecamatan-28 views

PRABUMULIH – Petani di Kota Prabumulih, memanfaat moment tahun baru untuk mendulang berkah dengan menanam jagung manis. Jagung  biasanya merupakan sajian khas saat pergantian tahun baru ini diprediksi akan dipanen tepat waktu.

Dimana jagung sudah ditanam sejak bulan Oktober itu, akan dipanen saat menjelang malam tahun baru. “Ini nanti panen pas tanggal 30, jadi sebelum tahun baru sudah jual,” kata salah satu petani jagung di jalan Sindur – Padat Karya Tatang Iskandar.

Bahkan menurut petani yang merantau dari Jawa Barat ini, sudah ada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memesan jagung untuk keperluan malam tahun baru.”Kan yang lewat banyak pegawai, jadi sudah ada pegawai yang pesan. Terus pedagang sayur juga sudah ada yang pesan kalau panen nanti,” ujar pria yang bertani di lahan milik mantan Wali Kota Dr Drs H Rachman Djalili MM ini.

“Alhamdulillah lahan tidak sewa, tempat untuk istirahat dibuatkan. Supaya merawat lahan ini, malah ini akan dipagar supaya kebun saya aman,” ungkapnya khusus lahan jagung hanya 5 kapling sisanya terong dan sayuran lainnya.

Nah, untuk harga jagung kata Tatang pembeli bisa metik langsung dari batang. “Kalau metik langsung Rp 5 ribu per kilo. Tapi kalau sudah beli di pasar sudah lain,” imbuhnya.

Lebih lanjut, pria kelahiran 1952 ini mengaku, menanam jagung di lahan tersebut baru pertama kali. “Di lahan ini baru 7 bulan, dulu tidak disini. Jadi kalau untuk nanam jagung baru sekali ini di lahan ini,” tukasnya.

Sementara itu, selain ada beberapa petani yang baru akan panen mendekati tahun baru. Beberapa petani justru sudahl lebih dulu panen. “Sudah dijual, masih adolah sisi untuk tahun baru tapi Idak banyak lagi,” tutur Yanti salah satu petani yang sudah panen jagung.(08)

 

 

 

 

Komentar

News Feed