oleh

Mesin Rusak, Sumur Bor Kementerian Dianggurkan

PRABUMULIH – Tahun 2015 lalu, Kota Prabumulih menerima bantuan sumur bor dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Sumur bor dibangun di RT 7 RW 1 Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur tepatnya Perumahan GPI.

Namun sayang, sudah sejak lama sumur bor tersebut justru tak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Padahal musim kemarau seperti saat ini air sulit didapat.

Ketua RW 1 Zainal dibincangi Kamis (19/9), mengaku bila tak difungsikannya sumur bor dikarenakan ada kendala. “Kami sudah pernah dengar, kabarnyo mesinnya rusak jadi tak bisa diambil airnya,” kata Zainal.

Sementara ketua RT 7 A Maulid dikonfirmasi mengakui bila sudah sejak lama sumur bor tak difungsikan dikarenakan mesin untuk menyedot air sumur bor rusak. “Dan itu sudah lama rusaknya, sudah 1 tahun lalu,” ujar Maulid.

Sebelum mesin rusak kata Mualid, keberadaan sumur bor sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air. “Hanya tiga tahun sumur bor itu kami manfaatkan, setelah itu tidak lagi. Padahal rata-rata rumah sudah tersambung aliran dari penampungan sumur bor. Termasuk masjid, karena masjid juga butuh air. Tapi sejak rusak tidak lagi,” terangnya.

Terkait kerusakan mesin, Maulid mengakui warga tak dapat berbuat banyak. Sementara untuk melapor, selaku ketua RT pihaknya bingung harus melapor kemana. “Apalagi itu bantuan dari kementerian, untuk perbaikan tentu sulit mesinnya juga besar. Melapor sebetulnya memang sudah ada keinginan, tapi kemana akan kami laporkan,” jelasnya.

Ia berharap, permasalahan tersebut segera teratasi. Sebab saat ini warga sangat membutuhkan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Apalagi ini kemarau, air sangta sulit disini. Berharap sekali sumur bor berfungsi lagi seperti dulu,” harapnya.

Terpisah Kepala Badan Penelitian dan Pembangunan (Balitbang) Matnur Latief ST MSi menyampaikan pihaknya akan meninjau lokasi sumur bor tersebut. “Memang ada disana 2015 lalu, terkait kerusakan ini kami akan kelokasi melihat kondisinya disana,” tukas mantan Camat Prabumulih Utara ini. (08)

Komentar

News Feed