oleh

Menu Ramadhan, Wako Pilih Masakan Rumahan, Wawako Pilih Menu Resep Keluarga

PRABUMULIH – Hidangan Ramadhan biasanya identik dengan opor, rendang dan gulai yang berbahan daging.

Nah, namun ternyata hidangan tersebut bukanlah menu favorit saat hari raya bagi Wali Kota Ir H Ridho Yahya MM. Orang nomor satu itu justru tetap memilih masakan rumahan, yang berbahan ikan.

“Bapak itu tetap makan yang rumahan, tidak terlalu suka daging,” kata istri Wali Kota Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu.

Menurut Suryanti, bila lebaran masyarakat kebanyakan memilih menyantap daging. Wali Kota Ir H Ridho Yahya MM, lebih memilih ikan yakni pindang. “Jadi walaupun disiapkan opor, rendang, masih minta dimasakin pindang, atau setidaknya goreng ikan bahkan sampai ikan panggang. Jadi persiapan lebaran, kita sudah siapkan stok ikan yang banyak,” jelasnya menuturkan ikan yang disiapkan mulai dari lais baung hinga cumi asin.

Lain halnya dengan Wali Kota, Wakil Walikota H Andriansyah Fikri SH justru tetap memilih menu hari raya seperti masyarakat pada umumnya. Menariknya lagi, wawako hanya saat lebaran, wawako hanya menyantap menu yang dimasak dengan resep turun temurun keluarga. “Kalau lebaran selalu ada menu wajib seperti rendang, opor ayam kampung, sambal paru, ati kentang,” kata Hj Reni Indayani SKm.

Reni menambahkan, menu yang akan disantap khusus lebaran untuk suami tercinta itu akan mulai disiapkan H-2 Lebaran. “Biasanya ketupat sudah mulai diguyuri, kemudian masakannya resep khusus dari ibu. Karena kita orang tua pintar masak, jadi selain masak sendiri masak bersama ibu,” ungkapnya.

Nah, khusus untuk ketupat lanjut pencinta anggrek ini, lebih memilih menggunakan daun setedung dari pada daun pandan. “Kalau daun setedung orang asli Prabumulih pasti tau, hasilnya lebih bagus dari pandan. Lebih tahan lama,” tukasnya. (08)

Komentar

News Feed