oleh

Mau Pegang Senpi, Personel Wajib Lulus Tes Psikologi

-Ringkus-22 views

PRABUMULIH –  Salah satu syarat memegang dan mengunakan senjata api (Senpi), personel Polres Prabumulih diwajibkan mengikuti dan lulus tes psikologi. Tes psikologi itu, Rabu (16/12/2020) digelar di Aula Besar Mapolres dilakukan Tim dari Bagian Psikologi Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sumater Selatan (Sumsel).

Kapolres Prabumulih AKBP Siswandi SH SIk MH mengatakan, personel Polres Prabumulih mengikuti tes psikologi bagi para pemegang senpi dinas Polri. Kegiatan dilaksanakan bekerja sama dengan tim dari Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sumsel.

“Kegiatan tes psikologi diikuti personel Polres Prabumulih dan Polsek jajaran Polres Prabumulih. Mereka adalah calon pemegang senpi dan personel dalam tugasnya menggunakan senjata api,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, hasil tes psikologi nantinya bukan sebagai persyaratan mutlak bagi personel untuk langsung bisa mendapatkan senpi dinas. Namun demikian, masih ada persyaratan lain yang harus dipenuhi sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Hasil tes psikologi ini sebagai salah satu syarat bagi personel untuk mendapatkan ijin menggunakan senpi. Namun masih ada syarat lainnya yang juga harus dipenuhi,” tegasnya.

Kapolres Prabumulih menambahkan, karena dalam pandemi Covid-19 dilaksanakan protokol kesehatan dan di bagi dua gelombang tes pesikologi dalam pelaksanaan tes psikologi kali ini. Selain lokasinya disetting dengan menjaga jarak, dilakukan juga cuci tangan dan pengukuran suhu sebelum memasuki ruangan.

“Ruangan digunakan juga sudah dilakukan sterilisasi dengan desinfektan sebelum kegiatan dilaksanakan. Tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Dari pantauan kegiatan, sebelum memasuki ruangan para peserta tes psikologi diwajibkan untuk melakukan cuci tangan. Selanjutnya dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh Urkes Polres Prabumulih. Selain itu, lokasi tes diterapkan jaga jarak. Sedangkan seluruh peserta diwajibkan memakai masker. (03/rel)

Komentar

News Feed