oleh

Masyarakat Bisa Laporkan Penegak Perwako

-Kecamatan-42 views
  • Bila Tak Pakai Masker

PRABUMULIH – Peraturan Walikota (perwako) nomor 70 tahun 2020, gencar disosialisasikan kepada masyarakat.

Namun, ditengah sosialisasi tersebut banyak yang berharap agar penegakan disiplin terhadap perwako, tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid 19 tak tebang pilih. “Jangan tebang pilih, siapapun kalau melanggar termasuk petugas penegak perwako harus di denda juga kalau misal tak pakai masker,” kata Indar salah satu warga.

Tak hanya petugas, kepada siapapun ungkap dia perwako tersebut harus belaku tanpa pandang bulu. “Semua harus sama, tidak hanya baik itu pelaku usaha ataupun pegawai,” imbuhnya.

Nah menangapi hal itu, Kepala Bagian (Kabag) Hukum dan Perundang-undangan Setda Kota Prabumulih, H Sanjay Yunus SH MH menuturkan perwako tersebut berlaku tanpa tebang pilih.

Karena itulah tegasnya, perwako juga berlaku bagi petugas dilapangan. Yakni masyarakat bisa menyampaikan laporan, bila menemukan petugas perwako tak memakai msker, atau tak memakai masker dengan benar.

“Justru masyarakat juga bisa melaporkan petugas (penegak perwako, red) karena petugas kan jadi panutan,” tegas Sanjay.

Disinggung terkait pemberlakuan denda perwako, menurut Sanjay saat ini masih dilakukan sosialisasi. Selain itu, pihaknya juga tengah menyiapkan formulir sanksi untuk pelanggar. “Form untuk sanksi sedang dicetak, target.minimak 50 pelanggar,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu suami Angota legislatif Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hj Nurlisna ini, kembali mengingatkan sesuai perwako denda mulai dari Rp 50 ribu bagi warga melanggar. “Tapi untuk pelaku usaha mulai dari Rp 500 ribu – Rp 1 juta. Sanksi terberat penutupan izin usaha,” tukasnya.(08)

 

Komentar

News Feed