oleh

Masih Kesulitan untuk Tampung Atlet. DKOP Data Rumah Kosong

PRABUMULIH – Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel 2019 akan di digelar di Kota Prabumulih pada November mendatang. Ribuan atlet dan pelatih, akan bertanding diajang bergengsi dua tahunan ini. Dan untuk persiapan kedatangan atlet, kota Prabumulih selaku tuan rumah mulai menyiapkan penginapan untuk para atlet, pelatih dan official serta panitia porprov.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (DKOP) Joko Firdaus SH, mengatakan dibutuhkan sebanyak 1.500 kamar untuk sekitar 6000 peserta porprov. “Sekarang baru ada 337 kamar hotel, kita masih terus berupaya untuk mencari tempat tinggal yang layak bagi para tamu,” kata Joko.

Salah satu upaya untuk mencari tempat tinggal bagi atlet kata Joko, yakni dengan mendata rumah penduduk yang kosong dengan memiliki kapasitas 6-10 orang untuk 1 rumah. “Kami bekerjasama dengan pihak Kelurahan, dan sudah ada 50 rumah yang terdata. Tapi itu kami periksa lagi, apakah memang layak atau tidak,” ungkapnya.

Disamping masih mencari rumah yang layak, pihaknya juga akan memanfaatkan Rumah Susun Sewa (rusunawa) untuk ditempati oleh panitia. Apalagi di lokasi Rusunawa yang beralamat di Islamic Center akan dijadikan salah satu lokasi pertandingan 3 cabang olahraga yakni wushu, takewondo dan pencak silat. “Ada sekitar 100 kamar di Rusunawa, jadi memang kita berupaya betul supaya penginapan terpenuhi,” jelasnya.

Joko optimis, bila persiapan untuk tempat tinggal peserta porprov akan terpenuhi. Sebab, PT Pertamina juga memberikan dukungan dengan meminjamkan 3 Wisma untuk dijadikan penginapan. “3 Wisma terdiri dari 30 kamar,” tukasnya seraya menyampaikan setiap Dinas di Pemkot juga akan menangani 1 kabupaten kota.

Sementara itu Ketua KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) HM Daud Rotasi SSos mengutarakan, terdapat banyak keuntungan yang didapat kota Prabumulih terkait pelaksanaan Porprov. “Termasuk adanya pembangunan infrastruktur akan kita terima, kemudian kita menerima bantuan untuk pembangunan sarana olahraga. Belum lagi nantinya saat porprov berlangsung, ekonomi masyarakat akan lebih menggeliat. Akan banyak pendatang yang masuk Prabumulih,” kata pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua I DPRD ini. (08)

Komentar

News Feed