oleh

Masa Tenang, Bawaslu Bersih-Bersih APK

-Metropolis-182 views

 

PRABUMULIH – Memasuki H-3 menjelang pemilihan umum (Pemilu) pada 17 April alias masa tenang, jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melakukan bersih-bersih alat peraga kampanye (APK) di Kota Nanas ini yang belum diturunkan.
 
Sebelumnya, Bawaslu sudah bersurat kepada calon legislatif (caleg), partai politik (parpol) dan calon angga DPD, dan tim sukses (timses) presiden agar menurunkan APK pada 13 April, pukul 00.00 WIB.
 
Ketua Bawaslu, Herman Julaidi SH mengatakan, masa tenang semua APK sudah bersih dan steril. Makanya, Bawaslu Minggu (14/4), menerjunkan personel gabungan. Melibatkan, TNI-Polri, Sat Pol PP, Kesbangpol, Perkim, Panwascam, PPL, PTPS, dan lainnya membersihkan APK tersebut.
 
“Sekitar 120 orang kita terjunkan pembersihan APK. Dibagi 2 tim, satu ke arah Cambai. Lalu, arah RKT dan Tugu Nanas. Masa tenang, sudah bersih dari APK,” ujarnya didampingi Komisioner, M Iqbal Rivana ST dan Iin Susanti SPdI MSi, akhir minggu ini.
 
Herman tidak menampik, ada sejumlah caleg, parpol, calonDPD, dan timses presiden menurunkan sendiri APK-nya sebelum dibersihkan. “Iya, satu persatu APK caleg, parpol, calon DPD, dan Presiden kita turunkan. Karena, sudah memasuki masa tenang,” bebernya.
 
Sambungnya, untuk menampung APK tersebut. Pihaknya mengerahkan tiga unit mobil sampah, nantinya langsung membawa APK yang dibersihkan tersebut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sungai Medang.
 
“Hasil pembersihan APK ini, langsung kita buang ke TPA Sampah Sungai Medang,” ucapnya.
 
Diakuinya, pembersihan APK tahap awal di sepanjang Jalan Sudirman. Selanjutnya, pembersihan APK sendiri dilanjutkan kembali oleh Panwascam dan PPL dan PTPS. “Tidak pandang bulu, semua APK kita tertibkan. Termasuk juga, di posko-posko pemenangan kita lepas,” sebutnya.
 
Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Marjuansyah SIP mengapresiasi langkah Bawaslu melibatkan sejumlah pihak membersihkan APK menjelang masa tenang.
 
“Sudah aturannya, memang selama tiga hari masa tenang. Semua APK sudah steril, kita apresiasi langkahnya,” tambahnya.
 
Lanjutnya, tak lupa mengajak seluruh masyarakat di masa tenang ini. Mempersiapkan diri, untuk menghadapi hari H pencoblosan pada 17 April mendatang. Tidak lupa juga, mengingatkan, masyarakat untuk datang ke TPS menyalurkan hak pilihnya.
 
“Ayo ke TPS, salurkan hak pilih sesuai dengan hati nurani di bilik suara,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed