oleh

MANFAAT ASI. Oleh: Dr Dedianto SpA

-Kesehatan-77 views

BAYI dilahirkan selalu di bekali ASI, Orang tua berkewajiban memberikan ASI kepada anak anaknya seperti dalam alqur’an surat albaqarah ayat 233 yang artinya: Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”.

Asi diberikan selama 2tahun dimana 6 bulqn hanya ASI saja dan setelah 6 bulan diberi makanan pendamping ASI(MPASI). Sebaiknya periode 6 bulan di beri ASI eksklusif diberikan. Selama periode tersebut, disarankan untuk hanya memberi ASI saja, tanpa tambahan asupan apa pun. Sebab, ada banyak manfaat ASI eksklusif yang bisa didapatkan oleh bayi dan ibu.

Berikut akan di bahas sedikit dari berjuta manfaat ASI bagi bayi dan ibu

Manfaat ASI untuk Bayi
ASI pertama keluar berwarna kuning terkadang oleh orang tua di buang karena dianggap sebagai ASI kotor atau ASI basi padahal anggapan itu salah justru ASI pertama yang disebut kolostrum paling banyak mengandung Antibody yang berfungsi melindungi bayi dari penyakit, manfaat lain dari pemberian ASI melalui menyusui dapat memberikan ikatan yang mendalam antara bayi dengan Ibu

Selain itu ASI merupakan sumber makanan yang terbaik. ASI mempunyai Komposisi sempurna yang terdiri dari energi, protein, lemak, vitamin dan nutrisi lainnya dapat diandalkan sebagai makanan sehat untuk bayi.
Kandungan air yang terdapat dalam ASI dapat memenuhi kebutuhan cairan bayi. Pemberian ASI yang teratur dapat mengoptimalkan perkembangan fisik dan mental bayi. Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam ASI sangat penting untuk kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan. Jika bayi mengkonsumsi ASI akan cenderung terhindar dari resiko obesitas.
Konsumsi ASI yang rutin selama kurang lebih 6 bulan akan membuat bayi memiliki perkembangan otak yang lebih baik.

Manfaat ASI untuk Ibu
Anggapan juka menyusui maka bentuk tubuh tidak indah lagi adalah salah justru sebaliknya
Manfaat ASI bagi ibu selain mengembalikan kondisi hormon Ibu, menyusui dapat menghabiskan banyak kalori sehingga membantu diet Ibu sehingga ibu yang menyusui bentuk tubuhnya akan terjaga. setelah melahirkan.

Hormon oxytocin yang dihasilkan dari proses menyusui akan membuat rahim Ibu kembali ke ukuran normal lebih cepat. Selain mengurangi risiko terkena ca mamae atau payudarah. Jika tidak menyusui ASI dapat menumpuk dan menimbulkan peradangan yang dapat menyebabkan ibu sakit, dengan pemberian ASI dapat menghindari dari penyakit osteoporosis karena menyusui dapat meningkatkan kepadatan mineral Ibu.
Ketika Ibu konsisten menyusui ASI selama kurun waktu 2 tahun atau lebih dapat meningkatkan hubungan antara ibu dan bayi,

Melalui skin to skin contact, ikatan fisik, psikologis serta emosional akan terbentuk dari kedekatan Ibu dengan sang Buah Hati.Dengan menyusui Ibu juga ikut menghemat uang dan tidak merepotkan karena selalu tersedia kapan pun dan dimanapun. Untuk informasi mengenai ASI RSUD Prabumulih mempunyai KKPA (Kelompok Pendukung ASI) RSUD Kota prabumulih

Komentar

News Feed