oleh

Maksimalkan Satu Motor Sampah

-Kecamatan-50 views

MAJASARI – Kebiasaan masyarakat yang membuang sampah di Sungai Kelekar RW 4, Kelurahan Majasari Kecamatan Prabumulih Barat berhasil diubah. Kini, sampah warga yang bermukim dibantaran Sungai Kelekar diangkut menggunakan motor sampah milik Kelurahan. “Sejak edaran dari bu Lurah, warga tak lagi buang sampah di Sungai. Sekarang sudah langganan motor sampah,” kata Ketua RT 6 RW 4 Kelurahan Majasari Gunadi.

Hanya dengan Rp 10 ribu perbulan kata Gunadi, sampah rumah tangga di RT 6 akan diangkut oleh motor sampah. “Sampah dikumpulkan dulu, karena biasanya dua kali sehari operator baru datang angkut sampah,” ujarnya. Gunadi menuturkan, saat ini memang masih terkendala motor sampah. Sebab untuk wilayah Kelurahan Majasari hanya terdapat 1 motor sampah. “4 RW hanya 1 motor sampah, jadi memang masih keteteran. Dan ibu Lurah kami sudah berupaya mengusulkan untuk menambah motor sampah,” tutur Gunadi.

Sementara itu Lurah Kelurahan Majasari Inggit Damayanti SE, mengutarakan pihaknya memang sudah mengusulkan penambahan motor sampah ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH). “Tapi masyarakat harus bersabar, karena harus menunggu tahun depan. Namun ada rencana kegiatan yang diminta persetujuan ke pak Walikota, mudah-mudahan saja,” ungkapnya. Ia mengakui, 1 motor sampah yang ada di Kelurahan dimaksimalkan. “Tapi untung tong sampah kami sudah dapat, ada 24 tong sampah. Itu kami prioritaskan untuk wilayah pinggir sungai,” katanya.

Lebih jauh Inggit bersyukur, masyarakat mulai mendukung program pemerintah untuk menjaga kebersihan lingkungan. Meski begitu, spanduk larangan akan tetap dipasang dibeberapa titik Sungai yang rentan dijadikan pembuangan sampah. “Spanduk sudah siap, dalam waktu dekat akan kami pasang,” tukasnya. Pantauan koran ini Kelurahan Majasari terus berbenah, selain membenahi wilayah pinggiran sungai. Dibeberapa wilayah RT RW gotong royong membersihkan sampah juga dilakukan.(08)

Komentar

News Feed