oleh

Mahasiswa STMIK Kunjungan Edukasi

-Pendidikan-116 views

PRABUMULIH – Puluhan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Manajemen Ilmu Komunikasi (STIMIK) Yayasan Pendidikan Prabumulih (YPP), ikuti kunjungan edukasi ke beberapa tempat pengusaha di Kota Prabumulih.

Kunjungan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengajak para mahasiswa melihat aktivitas berbagai jenis usaha untuk mendapatkan penghasilan. kali ini yang dijumpai adalah tim yang berkunjung ke pabrik kopi milik Aden Thamrin yang beralamat di Jalan tampomas Kelurahan Muara Dua Kecamatan Prabumulih Timur.

Para mahasiswa diberikan informasi mengenai proses pembuatan bubuk kopi, mulai dari pengolahan awal, pemilihan biji kopi terbaik, proses penggilingan hingga pengepakan lalu beredar di pasaran.

“Nama kopi kita adalah kopi Dempo meski kopi berasal dari Semendo Muara enim, produksi kopi yang sudah dimulai sejak tahun tahun 1971 ini, tetap eksis hingga saat ini memproduksi sampai 500 kilo per hari,”jelas Aden Thamrin pemilik usaha kopi Dempo Kota Prabumulih.

Menurutnya dengan kedatangan para mahasiswa ke beberapa tempat usaha di harapkan tidak berpacu untuk menjadi pegawai negeri dan bergantung kepada pegawai Pemerintahan. “Kesuksesan itu bisa dipindah ke mana saja termasuk juga menjadi pengusaha karena itu kita membuka mata para mahasiswa untuk tidak alergi dengan menjalankan berbagai jenis usaha,”jelasnya.

Ketua KNPI Kota Prabumulih ini mengatakan, jumlah produksi 500 kg perhari tersebut untuk memenuhi permintaan pelanggan di beberapa kabupaten kota yaitu, Pali, Muara enim dan Kota Prabumulih. “Yang penting kita tetap mengutamakan kualitas cita rasa yang tidak berubah dan pelayanan kita terhadap pelanggan, Alhamdulillah sampai sekarang kopi dempo tetap menjadi pilihan,”tandasnya seraya mengatakan harga kopi Dempo Rp 60ribu perkilo dengan tenaga kerja sebanyak 10 orang.

Sementara membantu ketua STMIK Sebri, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa para mahasiswa bukan hanya diajak ke kopi Dempo, namanya juga ke beberapa jenis usaha lain, aepe Winro, pusat oleh-oleh kota Prabumulih dan Pabrik Tahu

“Aktivitas ini merupakan salah satu program di mata kuliah kewirausahaan, kita berharap para mahasiswa dapat membuka lapangan kerja saat selesai di dunia perkuliahan,”katanya.(05)

Komentar

News Feed