oleh

Magister MPI-PAI Gelar Pembinaan Bahasa Asing

-Pendidikan-22 views

 

//Syaiful: Jadi Rujukan Daftar Tinjauan Pustaka

PALEMBANG – Penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris dan bahasa Arab bagi mahasiswa magister mutlak diperlukan. Didasari inilah, Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Pendidikan Agama Islam (PAI) FITK UIN Raden Fatah Palembang menggelar Program Pembinaan Intensif Bahasa Arab dan Bahasa Inggris di Rafa Tower, Senin (30/11/2020).

“Banyak literatur yang menggunakan bahasa asing seperti bahasa Inggris dan Arab. Cara memahami makna dari teks-teks bahan bacaan berbahasa asing tersebut, diperlukan penguasaan bahasa. Inilah yang mendorong Prodi Magister MPI dan PAI mengeglar pelatihan selama seminggu,” ungkap Ketua Program Studi (Prodi) Magister MPI  Dr. Saiful Annur, M.Pd didampingi Ketua Prodi Magister PAI Dr. Ermis Suryana, M.Pd.I di sela-sela acara.

Pria yang tampak tenang dan bersahaja ini menjelaskan, dengan adanya pelatihan, maka mahasiswa diharapkan dapat membaca, memaknai teks-teks bahasa Arab dan Inggris. Terutama berkaitan dengan Manajemen Pendidikan Islam sebagai rujukan daftar tinjuan pustaka. Selain itu kata dia, dengan pelatihan bahasa tentunya memiliki banyak keuntungan. Seperti dapat mengambil literasi dari sumber yang pertama bahasa Asing tersebut.

Sebagai ketua pelaksana dari kegiatan ini, Syaiful berharap mahasiswa mampu mengikutinya secara aktif. Dia menegaskan, aktif di sini bearti mampu mengemukakan pendapat atau pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan tema pelatihan. Sehingga, pemahaman akan kegiatan ini dapat tercapai dengan maksimal. “Kegiatan ini juga berkerja sama dengan dosen-dosen berkompeten di bidang bahasa Arab dan bahasa Inggris,” terangnya.

Masih kata Syaiful, dalam perjalanan perkuliahan nantinya, mahasiswa akan dihadapkan pada literasi-literasi dengan berbagai bahasa. Dimana mahasiswa penting memaksimalkan kemampuan literasinya.  Mengapa literasi? Karena lanjut Syaiful, literasi adalah seperangkat kemampuan yang penting yang harus dimiliki mahasiswa untuk mengases, memahami, dan menggunakan segala sesuatu dalam banyak bentuk seperti literasi digital, finansial dan sebagainya.

Sementara Sekretaris Prodi Magister MPI Dr. Maryamah, M.Pd.I  menambahkan, minimnya daya baca pada literasi berbahasa asing di kalangan mahasiswa diakibatkan pada konteks kemampuan berahasa asing yang harus ditingkatkan. “Buku atau literatur tidak bisa dipisahkan dengan mahasiswa. Ini yang harus dipahami. Oleh karena itu, mahasiswa perlu didorong untuk aktif alam membaca buku-buku asing ini. Jangan dibiarkan saja. Sehingga masih tersampul rapi dan diselimuti debu, ini menandakan lemahnya masiswa dalam mengutip sumber bahasa Asing” sindirnya seraya meminta mahasiswa harus suka membaca. Oleh karena itu, ini menjadi pertimbangan Prodi Magister MPI dan PAI untuk mengadakan program pembinaan bahasa.

Senada disampaikan Dr. Hellen Sabera, M.Pd.I  selaku Sekretaris Prodi S2 PAI. Menurutnya, pembekalan bahasa asing merupakan suatu syarat ujian seminar proposal magister PAI dalam mengajukan tesis. Pelatihan bahasa Asing ini berguna sebagai pengembangan mahasiswa Pasca UIN dalam mendalami bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Untuk diketahui kegiatan ini sendiri selama seepkan. Terhitung 30 November hingga 5 Desember nanti, dengan diikuti 31-35 peserta.  Dimana kegiatan dibagi menjadi tiga hari pelatihan bahasa Arab, dan  tiga hari pelatihan bahasa Inggris. (rl/fs/tya/01)

 

 

 

 

Komentar

News Feed