oleh

Lomba Burung Berkicau Jadi Agenda Tahunan

-Metropolis-188 views

Ratusan Kicau Mania Adu Burung

PRABUMULIH – Sebagai wadah penyaluran hobi pencinta burung atau kicau mania, Pemeritah kota (Pemkot) menyemarakkan HUT Kota ke-18 mengelar lomba kicau mania di Halaman Perkantor Pemkot Pangkul, Senin (20/10).

Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM menerangkan, lomba ini sengaja diadakan memang wadah penyaluran hobi pecinta burung.

Ia tidak menyangka, antusias kicau mania cukup besar. Apalagi, pesertanya mencapai ratusan dan diikuti peserta di sekitar Sumatera Selatan (Sumsel). Tetapi juga, luar Sumsel.

“Melihat antusias lomba kicau mania memeriahkan HUT Kota ini. Akan kita jadikan agenda tahunan di setiap kali HUT Kota,” ujar Orang Nomor Satu di Kota Nanas ini, kemarin.

Kata Ridho, sebenarnya event ini diselenggarakan pada PORPROV mendatang. Tetapi, tidak memungkinkan. Karen, hotel full booking. “Karena banyaknya, peserta PORPROV mencapai 6 ribuan orang. Makanya, kita selenggarakan sekarang,” jelasnya.

Suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini menerangkan, meminta juri berlaku adil dalam perlombaan kicau mania ini. “Apalagi, pesertanya telah mempersiapkan burung berkicau untuk berlomba dengan matang,” akunya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara, Agus Pargianto menjelaskan, kalau penilaian lomba burung berkicau melibatkan Rajawali Indonesia Tim.

“Sekitar 800 kicau mania bertanding dalam rangka merebut piala Wako ini. Diikuti peserta dari Medan, Bengkulu, Jakarta, Jambi, Palembang, dan Sumsel,” terang Agus, sapaan akrabnya.

Lanjutnya, ada 32 kelas dipertandingan dengan 9 kategori. Meliputi; Wako, Wawako, Sekda, dan lainnya. Jenis burung dilombakan, yaitu; murai, lovebird, kacer, cucak ijo, kapas tembak, kenari, kolibri, dan lainnya.

“Total hadiah mencapai Rp 100 juta, kategori Wako hadiah utamanya Rp 20 juta,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed