oleh

Literasi Sejak Usia Dini. TK IT Al Malik Dikunjungi Tim Cinta Baca

PRABUMULIH – TK IT Alam Al Malik, mendapat kunjungan dari tim perpustakaan cinta baca Rabu (7/8). Tak hanya dari Prabumulih dan Palembang, tim cinta baca juga dihadiri oleh tim dari Korea Selatan. Kedatangan tim cinta baca tersebut, merupakan bagian dari kerjasama dengan sekolah TK yang ada di Kota Prabumulih. Yakni dengan menerima bantuan buku perpustakaan untuk anak-anak. “Sudah tiga tahun kami kerjasama, tapi baru tahun ini menerima kunjungan,” Kepala Sekolah TK IT Alam Al Malik, Titis Tresnaning Dwi Rahati.

Adapun tujuan dari cinta baca tersebut ungkap Titis, untuk meningkatkan budaya baca khususnya anak-anak. Terlebih saat ini, minat baca anak mulai tergerus akibat kecanggihan teknologi yakni gadget. “Kita galakkan literasi, budaya membaca sejak dini. Dengan begitu anak-anak nantinya akan terbiasa,” ucapnya.

Staf perpustakaan cinta baca Prabumulih Firmon Tse, dibincangi mengungkapkan terdapat 8 sekolah TK dan PAUD di Kota Prabumulih yang bekerjasama dengan perpustakaan cinta baca. “Semua kita datangi, ada banyak edukasi didalamnya. Jadi tak sekedar menyumbangkan buku, tapi juga pembelajaran langsung oleh tim,” ungkapnya.

Disampaikannya, meningkatkan minat baca sejak dini sangatlah penting. Apalagi, kecanggihan teknologi bisa berdampak negatif bagi generasi penerus bangsa bila tak dicerna dengan baik. “Kebanyakan anak bermain game, berhari-hari menghabiskan waktu, bagaimana bisa generasi kita menjadi cerdas bila tidak membaca,” terangnya.

Ia menambahkan visi misi cinta baca yakni mencetak manusia Indonesia yg cerdas dan berbudi luhur melalui pendidikan non formal. “Kami tidak hanya bermitra dengan pemerintah, tapi juga personal maupun swasta unruk membangun generasi,” tuturnya menambahkan ratusan bahkan ribuan buku disalurkan di pos cinta baca.

Nah, untuk buku yang disalurkan ke sekolah-sekolah tentu telah melalui proses pengawasan dan pemeriksaan. “Jadi buku yang kami salurkan tidak ada yang mengandung sara dan pornografi. Semua layak baca, kalau dilapangan ditemukan yang demikian, laporkan kepada kami,” tukasnya. Pantauan koran ini kemarin, kegiatan cinta baca diikuti antusias oleh para siswa TK dan Paud. Selain belajar membaca, siswa juga dihibur dengan aksi sulap dan sejumlah pertunjukan dari tim cinta baca Korea Selatan.(08)

Komentar

News Feed