oleh

Lewat Webiner, Kenalkan Pembuatan Media Animasi dalam Pembelajaran

-Pendidikan-36 views

//Dilengkapi Desain Grafis dan Kartun

PALEMBANG – Webinar kembali digelar Program Studi Pendidikan Fisika UIN Raden Fatah Palembang. Kali ini mengusung tema “Pendampingan Pembuatan Media Animasi, Desain Grafis dan Kartun Bagi Guru dan Mahasiswa”.

Selain dihadiri Ketua Program Studi Pendidikan Fisika UIN Raden Fatah Dr. Muhammad Win Afgani, M.Pd, webinar series#1 ini pun menghadirkan narasumber dari dosen Pendidikan Fisika, alumni dan mahasiswa.

Kegiatan dikemas dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada Rabu (28/10/2020), pukul 10.00 WIB secara virtual menggunakan Zoom Meeting. Diskusi pun hidup usai narasumber menyampaikan materi.

“Webiner ini bagian dari tri dharma perguruan tinggi. Saling berbagi pengalaman baik di kalangan dosen, guru dan mahasiswa. Sehingga kegiatan ini sangat baik untuk dilaksanakan,” ujar Ketua Program Studi Pendidikan Fisika UIN Raden Fatah Dr. Muhammad Win Afgani, M.Pd saat membuka acara.

Ia meminta, peran serta peserta webinar. Sehingga, ada diskusi yang dinamis guna menggali pengetahuan sekaligus merancang pembuatan media animasi, desain grafis dan kartun bagi guru dan mahasiswa dalam menunjang proses pembelajaran.

Kegiatan ini tentunya tidak hanya terpaku pada Program Pendidikan Fisika saja, melainkan latar belakang pendidikan lainnya dengan tujuan menambah inovasi pembelajaran, khususnya Fisika. “Pandemi ini tidak menjadi penghalang untuk terus produktif. Khususnya, dosen Program Pendidikan Fisika UIN Raden Fatah Palembang dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dalam bentuk daring,” terangnya.

Dimana yang saat ini populer atau banyak digunakan adalah palfform aplikasi zoom. “Banyak temuan-temuan baru yang muncul jika kita serang melakukan diskusi, tukar pendapat dan membahas sebuah persoalan dalam pembelajaran,” imbuhnya. Dalam webiner kali ini, menghadirkan narasumber yang memiliki kompetensi bidang pendidikan Fisika.

Seperti Andi Putra Sairi, M.Pd dengan materi “Pemanfaatan Adobe Flash CS6 untuk media Animasi Fisika”,.  Dan Jamiatul Khairunnusa Putri, M.Pd dengan materi “Pemanfaatan Canva untuk Desain grafis bahan ajar Fisika”,. Kedua narasumber ini lanjut Win, merupakan dosen Program Studi Fisika UIN Raden Fatah Palembang.

“Kita juga melibatkan alumni dalam kegiatan ini. sehingga akan lebih menarik melalui diskusi yang kami sediakan,” tukasnya. Tujuannya adalah mendesiminasikan bagian dari penelitiannya. Dia adalah Dwi Asna Putri, S.Pd yang menyampaikan “Pemanfaatan comicker dalam membuat komik fisika”.

 Dengan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara virtual ini, tentunya memberi ruang yang luas agar di masa pandemi tetap produktif dalam menyampaikan ide dan gagasan. Dalam webiner kali ini diikuti sekitar 110 peserta dengan moderator Miftahul Jannah. “Kami pastikan bahwa wbiner ini tidak hanya dilaksanakan ini saja, melainkan akan ada webiner selanjutnya. Bahkan ada tiga webiner pada semester ini,” pungkas Win. (asa/rel/fs/01)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed