oleh

Lestarikan Cerita Rakyat

PRABUMULIH – Kota Prabumulih terus lestarikan cerita rakyat melalui kompetisi lomba cerita rakyat melalui Dinas perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Prabumulih.

Tahun ini setidaknya ada sebanyak 30 orang peserta dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar se Kota Prabumulih yang ikut dalam kegiatan ini.

Kepala Dinas Perpusataan dan Arsip Daerah Kota Prabumulih, Mulyadi SPd MSi dalam kesempatan ini mewakil Wali Kota Prabumulih dalam membuka acara lomba bercerita, sekaligus pengumuman pemenang lomba perpusatakaan tingkat Kelurahan dan Peprustakaan SMA kota Prabumulih.

“Wali Kota Prabumulih sangat mengapresiasi kegiatan yang kita lakukan. Kegiatan lomba bercerita adalah upaya kita dalam melestarikan cerita rakyat berbudaya lokal Kota Prabumulih. Karena itu kegiatan ini menjadi rutinitas tahunan di Dinas Perpustakaan Kota Prabumulih,” jelas Mulyadi saat membuka acara yang dilaksanakan di halaman gedung Dinas Perpustakaan Kota Prabumulih, kamis (3/6/2021).

Namun pria ini sangat menyangkan karena lomba perpustakaan ditingkat Kelurahan sangat sedikti sekali yang mendaftar. Padahal informasi sudah disampaikan dari jauh hari, surat dari Provinsi sudah diteruskan sebelum tim juri melakukan penilaian.

“Memang untuk kelurahan yang sudah juara, memiliki buku yang cukup banyak. Dan layak untuk menjadi juara. Dan beberapa Kelurahan sudah banyak yang mendapakan bantuan buku. Harapan kita kedepan pihak Kelurahan menggalakkan kegiatan perpustakaan di tingkat Kelurahan,” harapnya.

Sementara Sekretaris Dinas Peprustakaan dan Arsip Daerah, Effriyadi SSi salam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuh kembangkan minat dan kegemar membaca anak sejak dini melalui berbagai sumber bacaan, untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa.

“Selain itu kita berharap agar tujuan kegiatan ini dapat menarik minat baca anak tentang cerita budaya lokal , sejarah dan ketokohan serta membiasakan anak untuk hidup cerdas memiliki mental kreatif dan berkompetensi,” jelasnya.

Pria ini juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja tahunan Dinas perpustakaan, karena berkesimabungan. Pemenang lomba akan diikuti sertakan dalam ajang lomba di tingkat Provinsi.

Diketahui Pemenang lomba perpustakaan tahun 2021 tingkat SMA juara 1 berhasil diraih oleh SMA 2 juara 1, juara dua Perpustakaan SMA 3  dan Juara 3 adalah perustakaan SMAN 1. Sedangkan lomba peprustakaan tingkat Kelurahan, juara 1 adalah kelurahan Pasar 1 Kecamatan Prabumulih Utara dan Juara 2 Kelurahan Suka Raja Kecamatan Prabumulih Selatan. (05)

Komentar

News Feed