oleh

Lelang Jabatan Sekda, Ridho Yahya: Pejabat Menuhi Syarat Silahkan Daftar

-Metropolis-363 views

PRABUMULIH – Dalam waktu dekat, Pemerintah kota (Pemkot) segera melaksanakan lelang terbuka jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) yang bakal ditinggalkan HM Kowi SSos MSi pensiun pada 1 April mendatang.

Meski, lelang jabatan Sekda dengan sistem terbuka. Tetapi, Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM memastikan, memprioritaskan pejabat di lingkungan Pemkot.
“Kalau tidak melanggar aturan, lelang jabatan Sekda terbuka tersebut, kita inginkan, utamanya untuk pejabat Pemkot Prabumulih saja,” tegas suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini dikonfirmasi kemarin (11/1).

Apalagi, kata Ridho, sapaan akrabnya potensi pejabat di Prabumulih ini masih cukup besar. Sehingga, wajar ia menginginkan, pejabat yang ikut lelang jabatan Sekda diprioritaskan pejabat di lingkungan Pemkot.

“Sekda kan, pejabat pembina PNS nomor satu. Jadi harus menjadi contoh dan tauladan, sekaligus harus mengetahui seluk beluk di Pemkot. Sah-sah saja, kalau kita inginkan hanya Pejabat Pemkot Prabumulih saja yang ikut,” beber ayah tiga anak ini.

Selain itu, ditegaskannya, Sekda sendiri wajib berdomisili di Prabumulih. Sehingga, selaku pejabat pembina PNS bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan maksimal.

“Apalagi, sebagai perpanjangan tangan Wako dan Wawako. Khususnya, melaksanakan pembinaan terhadap PNS. Menjalankan program pemerintahan yang diusung Wako dan Wawako serta lainnya,” beber adik kandung Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Ir H Mawardi Yahya.

Makanya, ia mengimbau, seluruh pejabat eselon II yang memenuhi persyaratan tentunya. Ketika lelang jabatan Sekda tersebut, dibuka untuk segera mendaftar dan mengikuti proses lelang jabatan Sekda tersebut.

“Kita persilahkan seluruh Kepala OPD, Asisten, Staff Ahli dan lainnya untuk ikut lelang jabatan Sekda tak lama lagi dibuka. Tentunya, asalkan memenuhi persyaratan yang ditetapkan atau ditentukan. Sebanyak-banyaknya, tidak kita batasi jumlah yang mendaftar nantinya,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Hery Mirhan dikonfirmasi terpisah menyebutkan, kalau lelang jabatan Sekda tersebut memang dilakukan terbuka. Tetapi, bisa dilakukan secara terbatas.

“Soal lelang jabatan Sekda tersebut, kita masih menunggu petunjuk Wako. Bisa saja dilakukan secara terbuka tetapi terbatas,” sebutnya.

Ia pun belum bisa memastikan, kapan lelang jabatan Sekda tersebut dibuka. Menurutnya, setelah ada petunjuk jelas dari Wako. “Barulah lelang jabatan Sekda tersebut dibuka, tentunya dengan menunjuk Tim Panitia Seleksi (Pansel) untuk mengurusi proses seleksinya,” tandasnya.

Nah, untuk persyaratan pejabat mengikuti lelang jabatan Sekda. Kata dia, mengacu Undang-Undang No 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah (PP) No 17/2017 tentang Manajemen PNS serta Permen PAN-RB No 13/2014, tertanggal 27 Maret 2014 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tertinggi.

“Untuk jabatan Sekda, maksimal usia 58 tahun berstatus PNS. Eselon II dengan pangkat minimal pangkat VI/b dan paling tinggi VI/c. Dua kali menjabat posisi IIb ditempat yang berbeda,” bebernya. (03)

News Feed