oleh

Leeds United Promosi ke Premier League

-Olahraga-18 views

 

JAKARTA – Leeds United mengakhiri penantian panjang selama 16 tahun, setelah berhasil meraih tiket promosi ke Premier League musim depan.

Skuad asuhan Marcelo Bielsa memastikan tiket promosi setelah pesaing terdekat yakni West Bromwich Albion menelan kekalahan 1-2 saat tandang ke markas Huddersfield Town.

Kekalahan di John Smith Stadium membuat poin The Baggies tertahan di angka 82 dari 45 laga. Sedangkan Leeds saat ini menempati posisi puncak klasemen dengan mengoleksi 87 poin dari 44 laga.

Dengan demikian, West Brom yang berada di urutan kedua sudah tak mungkin mengejar Leeds yang mengumpulkan 87 angka dari 44 laga di puncak klasemen Championship Division. Ini karena West Brom hanya menyisakan satu laga lagi.

Kekalahan yang dialami West Brom membuat Leeds paling rendah mengakhiri kompetisi Divisi Championship di posisi dua besar. Seperti diketahui hanya juara dan posisi kedua Divisi Championship yang berhak atas tiket langsung promosi ke Premier League.

Keberhasilan Leeds meraih tiket promosi tidak lepas dari tangan dingin Bielsa. Pelatih asal Argentina itu sukses menyulap tim yang bermarkas di Stadion Elland Road itu menjadi tim papan atas Divisi Championship.

Ucapan selamat datang dari Manajer Manchester City, Pep Guardiola. Guardiola secara khusus menyampaikan selamat kepada Bielsa selaku manajer Leeds.

Juru taktik asal Spanyol itu tak segan menyebut, eks pelatih Timnas Argentina tersebut sebagai yang terbaik. “Yang terbaik mencapai @premierleague,” begitu pujian Guardiola kepada Bielsa via Twitter @PepTeam.

Guardiola memang dikenal sangat menghormati Bielsa selama bertahun-tahun. Pelatih asal Argentina itu merupakan salah satu mentor Guardiola, sebelum manajer City itu mengambil posisi sebagai pelatih Barcelona pada 2008.

“Marcelo Bielsa adalah pelatih terbaik di dunia,” ujar Guardiola di tahun 2018, dilansir dari talkSPORT.

Ucapan selamat juga datang dari penyerang Manchester United, Marcus Rashford, hingga bek sayap Real Madrid, Benjamin Mendy, mengucapkan selamat atas keberhasilan Leeds United promosi langsung ke Liga Primer Inggris musim depan.

Penyerang Manchester United, Marcus Rashford, dalam akun media sosialnya, menyebut keberhasilan Leeds United promosi ke Liga Primer Inggris bisa kembali memanaskan persaingan di pentas Liga Primer Inggris.

Para pemain-pemain yang pernah memperkuat Leeds United pun memberi selamat. Gelandang Liverpool, James Milner, yang mengawali karier profesionalnya di The Whites menyebut, klub bermarkas di Stadion Elland Road tersebut sudah selayaknya berada di level tertinggi kompetisi sepak bola Inggris.

Pun dengan ucapan selamat dari mantan kapten Leeds United, Lucas Radebe. Bek tengah Leeds United dari 1994 hingga 2005 itu menyebut, keberhasilan tampil di Liga Primer Inggris ini tidak terlepas dari dukungan setia para supporter The Whites.

“Benar-benar waktu yang lama. Supporter Leeds adalah supporter yang spesial. Mereka tidak akan pernah meninggalkan tim, termasuk saat tampil di Championshiop. Mereka memainkan peranan penting dalam keberhasilan ini,” kata Radebe seperti dilansir BBC.

Leeds sendiri bukan nama asing dalam persaingan di pentas Premier League. Klub yang identik dengan warna putih itu pernah menjadi tim yang disegani pada 1997-2001.

Leeds sempat lolos hingga semifinal Liga Champions 2001 dan pernah diperkuat para pemain hebat seperti Eric Cantona, Rio Ferdinand, Jonathan Woodgate, Alan Smith, Lee Bowyer, Harry Kewell sampai Mark Viduka.

Sialnya masalah finansial membuat Leeds terus mengalami kemerosotan prestasi. Tim asal Yorkshire itu pun sempat diturunkan ke ke League One atau kompetisi kasta ketiga Liga Inggris tahun 2007. (der/fin)

Komentar

News Feed