oleh

Lebih Tertarik Ikan Gabus 

-Kecamatan-17 views

TALANG BATU – Desa yang ada di Kota Prabumulih sudah melakukan persiapan, untuk budidaya ikan melalui sistem bioflok seperti keinginan Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM.

Di Desa Talang Batu Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) misalnya, desa yang dipimpin Sahril Kanedi ini sudah menyiapkan lokasi dan kelompok budidaya ikan sistem bioflok.

“Lokasinya sudah siap, baik kepengurusan Insyaallah siap. Karenakan pak wali juga ingin 1 desa 1 bioflok,” kata Sahril Kanedi dibincangi disela-sela pertemuan ganti rugi lahan tol, Selasa (15/12/2020).

Hanya saja untuk Desa Talang Batu kata Sahril, lebih melirik budidaya ikan gabus dibanding lele. “Kalau lele kita kurang setuju, lebih bagusnya gabus. Karena gabus itu mahal. Kemudian juga sesuai dengan kondisi yang ada di desa,” ujarnya.

Dimana ungkap dia, gabus lebih mudah dibandingkan budidaya lele. “Kalau banjir di desa kami itu bibit gabus tidak susah, kan daerah rawa jadi lebih cocok gabus,” imbuhnya.

Lebih jauh dia menuturkan, anggaran bioflok tersebut sudah disiapkan dari dana desa. “1 desa 1 kelompok, karena kalau lebih itu anggaran besar. 1 saja sampai ratusan juta,” tuturnya.

Dengan adanya bioflok, tentu Sahril berharap kedepan ekonomi asyarakat bisa lebih mandiri. “Seperti keinginan pak wali, ada pemasukan lain untuk warga. Mudahan mudahan nanti itu terwujud,” tukasnya.

Seperti diketahui, dengan belum maksimalnya pemerintah desa dalam mengelola Dana Desa bidang pemberdayaan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Pemerintah Kota (Pemkot) berkeinginan agra tiap desa memiliki 1 bioflok. (08)

 

Komentar

News Feed