oleh

Lapangan Miring, Destinasi Wisata Baru di Pertamina

-Kecamatan-280 views

PRABUMULIH – Tempat wisata keluarga di komplek PT Pertamina kini bertambah. Setelah sebelumnya Taman Ria, kini hadir di Lapangan Miring menjadi destinasi wisata baru bagi warga Komperta dan Prabumulih.

Karena, di lokasi tersebut dibangun Taman Bermain, PT Pertamina EP (PEP) sebagai program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan bagi mmasyaraka. Khususnya, dalam pengembangan lingkungan hidup.

Public and Governments Pertamina Asset 2, Arie Fahlupi menerangkan, Lapangan Miring tidak hanya menyediakan taman bermain berisi tempat permainan anak-anak. Selain itu, pembuatan Lapangan Miring dalam rangka mewujudkan keindahan lingkungan di Komperta sendiri.

Kata dia, tetapi juga ada jogging track, sebagai sarana olahraga bagi warga.

“Lapangan Miring, kini destinasi wisata baru bagi masyarakat. Tidak hanya Taman Ria, Lapangan Miring bisa menjadi pilihan warga mengajak keluarga berekreasi serta mengajarkan anak sejak usia dini mengenal olahraga,” aku Ari, sapaan akrabnya dibincangi koran ini, Selasa (17/9).

Ungkapnya, taman bermain lapangan miring ini sudah sangat lama ingin didirikan. Sehingga waktu dibangun momennya memang sangat pas bertepatan dengan pekan olahraga provinsi (Porprov) yang akan diselenggarakan di kota ini.

“Sebenarnya, taman bermain ini sudah lama ingin dibangun sarana rekreasi dan hiburan bagi anak-anak penghuni komplek. Kebetulan saja, pas ada porprov mana venuenya dekat dengan taman bermain anak-anak ini. Taman bermain ini sekarang masih dibuka untuk umum,” jelasnya.

Ia menjelaskan, taman bermain dimana ada 15 sarana permainan anak-anak. Menurutnya, baru sekitar 3 bulan dibangun dan pihaknya meminta kepada pengunjung selalu menjaga kebersihan lingkungan. Serta pengunjung diminta jangan merusak fasilitas taman bermain dan juga selalu menjaga ketertiban dan keamanan bersama taman bermain tersebut.

“Kita sangat berterima kasih kepada masyarakat mengunjunginya, dan juga menjaga kebersihan dan fasilitas arena bermain,” terangnya.

Meski demikian, menurutnya masih ada beberapa pengunjung kurang perduli. Hal itu, akunya sangat menyayangkan masih banyak pengunjung tidak peduli akan kebersihan lingkungan taman bermain tersebut.

“Ini dilihat masih ada membuang sampah sembarangan padahal tempat sampah sudah disediakan. Bahkan pengunjung tetap bandel memarkirkan kendaraan roda dua nya diarea jogging track, padahal lahan parkir sudah disediakan,” bebernya.

Lanjutnya, nanti akan dilalakukan sosialisasi imbauan bagi pengunjung agar lebih ramah lingkungan. Karena jika taman bermain ini bersih dan aman, maka tetap nyaman digunakan hingga kapanpun.

“Selain itu, ada security akan menjaga keamanan taman bermain tersebut. Bagi para pedagang tidak akan diperbolehkan masuk sedangkan untuk pengunjung boleh membawa makanan sendiri. Dengan syarat habis makan sampahnya dikumpulkan lalu dibuang di tempat yang disediakan,” sebutnya.

Sambungnya, berharap taman bermain ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Prabumulih beserta buah hatinya, terutama sebagai sarana bermain serta olahraga (jogging) santai. Sekaligus, memintanya masyarakat sambil mengawasi anak-anaknya.

“Kita minta masyarakat mengawasi anaknya bermain di Lapangan Miring, mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan. Menyebabkan kerusakan di taman dan pembayaran anak,” bebernya.

Keberadaan Lapangan Miring dibangun taman, menambah ramai warga berkunjung ke sana setiap sore harinya.

Sementara itu, Santo (35), warga Kelurahan Muara Dua sengaja berkunjung ke Lapangan Miring. Karena, penasaran dan ingin menikmati wisata baru Bumi Seonggok Sepemuyian ini.

“Taman bermain ini jadi destinasi wisata baru, karena berada diarea komplek Pertamina sejuk dan nyaman serta jauh dari kebisingan suara kendaraan. Apalagi, fasilitasnya sangat lengkap. Tempatnya enak dan nyaman dan ada jogging tracknya juga. Di sini kita bisa mengajarkan anak-anak kita tentang pentingnya olahraga. Lagian masuknya tidak dipungut biaya alias gratis. Sebagai pengunjung kami siap menaati peraturan diberikan pihak Pertamina soal menjaga kebersihan dan tidak merusak fasilitas permainan, sayang sekali kalau taman dibangun dana tidak sedikit menjadi rusak,” tandasnya.

Apalagi, akunya berekreasi di akhir pekan bersama keluarga, memang sangat pas dan tepat. “Kita bisa berjam-jam menikmati rekreasi dan berlibur di Lapangan Miring ini tidak akan terasa. Menikmati suasananya nyaman dan sejuk,” ucapnya.

Demikian pula, dikatakan Anton (40), warga Kelurahan Patih Galung menyebutkan, rela datang ke Lapangan Miring karena tempatnya bagus dan lagi viral di media sosial facebook. “Yah biasanya kami di Taman Prabu Jaya (PJ). Tetapi ada tempat lebih bagus dan fasilitas bermainnya sangat lengkap. Makanya, taman milik Pertamina ini sangat banyak dikunjungi saat sore hari. Terima kasih banyak Pertamina telah membangun taman di Lapangan Miring,” pungkasnya.

Pantauan koran ini, Prabumulih sendiri memang tidak memiliki wisata alam. Tetapi, sejumlah lokasi wisata dibuat Pemkot dan juga kelurahan/desa sebagai lokasi rekreasi dan hiburan bagi masyarakat kota ini dan sekitarnya.

Apalagi, warga Prabumulih memang sudah sejak lama haus akan lokasi wisata dan hiburan. Karena, jauhnya tempat berwisata dan punya anggaran memadai untuk berlibur.

Jelas keberadaan lokasi wisata, memang diharapkan warga Bumi Seinggok Sepemunyian ini, untuk menghilangkan penat karena bekerja. (03)

Komentar

News Feed