oleh

Lapak Pedagang Kurban Berkurang

PRABUMULIH – Meski perekonomian maish belum stabil dan mengeliat, namun permintaan untuk hewan kurban meningkat dari tahun lalu. Sementara untuk jumlah pedagang musiman, yang biasanya menjamur ditahun ini lebih sedikit. Informasi itu, seperti yang disampaikan oleh sejumlah pedagang hewan kurban di Kota Prabumulih. “Untuk permintaan memang lebih banyak dari tahun lalu, apalagi memang karena ditahun ini jumlah pedagang hewan kurban lebih sedikit,” kata Jessica salah satu penyedia hewan kurban.

Ia mengaku, saat ini sudah sekitar 125 hewan kurban yang terjual. Baik sapi dan kambing. “Sementara baru itu, untuk sapi sekitar 50 dan kambing 75 ekor. Tapi insyallah itu terus bertambah karena pemesan juga sudah banyak,” ungkapnya. Biasanya lanjut Jessica, permintaan akan meningkat menjelang H-1. “Mulai dari H-3 sampai H-1 itu akan terasa lonjakan permintaan, puncaknya di hari-hari itu,” tuturnya menyampaikan hewan yang dijual didatangkan dari Lampung dengan sudah melalui pemeriksaan kesehatan dan dilengkapi SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan).

Penjual hewan kurban lainnya, Hasbuan menuturkan tahun ini ia mengurangi stok penjualan. “Tahun lalu jual 30, tahun ini 28 bae, takutnyo dak laku galo. Tapi alhamdulillah sudah banyak jugo yang dibeli,” tukasnya. Sebelumnya Dinas Pertanian kota Prabumulih mengutarakan permintaan hewan kurban, diperkirakan lebih meningkat dari tahun lalu. Sementara untuk jumlah pedagang musiman, lebih sedikit dari tahun-tahun sebelumnya.(08)

Komentar

News Feed