oleh

Lahan untuk Tol Mulai Dibersihkan

-Kecamatan-18 views

PRABUMULIH – Lahan untuk jalur tol Indralaya – Muara Enim, di Kota Prabumulih sudah mulai dibuka, dibersihkan dengan menggunakan alat berat.

Lahan yang sudah mulai dibuka, seperti di Desa Talang Batu Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT).  Pembersihan lahan, dan penebangan yang rata-rata merupakan perkebunan karet dilakukan oleh pihak perusahaan.

“Lahan sudah mulai dibersihkan, seperti di dusun 1. Untuk lokasi lahan jauh dari pemukiman warga,” kata Kepala Desa Talang Batu Sahril Kanedi, Minggu (3/1/2021)

Desa Talang Batu, yang merupakan jalur tol terpanjang di RKT ini akan melewati dua dusun. Dimana total jalur tol yang melewati Talang Batu yakni, sekitar 3 KM. “Untuk Tol ada di Dusun 1 dan Dusun 2, dan semua jauh dari pemukiman. Rata-rata perkebunan karet dan hutan,” ungkap Sahril.

Pembersihan lahan untuk pembangunan proyek tol, juga sudah dilakukan di Desa Karya Mulia Kecamatan RKT. Informasi itu, juga disampaikan oleh Kepala Desa Miril Firacha AMd. “Tanah yang terkena jalur tol sudah dibuka, kalau yang lahannya karet ditebang oleh pihak PT,” ujar Miril.

Sementara, untuk dibeberapa desa penggarapan lahan belum dilakukan. “Untuk desa kita belum, mungkin minggu ini karena sekarang lagi pematokan batas,” ucap Kepala Desa Karangan Salyadi Susanto SPd.

Dikatakan Salyadi, untuk Desa Karangan setidaknya terdapat 47 lahan warga yang terdampak proyek tol. “Penyelesaian ganti untung tinggal tersisa 5 warga lagi, kemungkinan tanggal 5 ini semua sudah dibayar,” katanya.

Sekedar mengingatkan, proyek pembangunan tol Indaralaya – Muara Enim – Lubuk Linggau – Bengkulu, di Kota Prabumulih akan melintasi 6 desa dan 1. Wilayah tersebut yakni, Kelurahan Tanjung Rambang, Desa Talang Batu, Desa Karangan, Desa Jungai. Kemudian Desa Karang Bindu, Desa Rambang Senuling dan Desa Karya Mulia. Sementara jalur tol terpanjang di Kota Prabumulih akan melintasi Desa Talang Batu dengan panjang 3 KM.(08)

Komentar

News Feed