oleh

Kurma Ar Rahmah Berbuah Tiap Tahun

-Kecamatan-22 views

Bibit dari Mekkah

PASAR II – Tanah Bumi Seinggok Sepemunyian, yang cukup subur menjadikan Kota Prabumulih sebagai “surga” buah di wilayah Sumatera Selatan.

Terbukti, Kota Prabumulih memiliki lahan salak yang cukup luas. Prabumulih juga kini dikenal sebagai kota budidaya anggur. Terbaru, Kota Prabumulih juga memiliki tanaman khas Timur Tengah yakni kurma.

Tak hanya tumbuh subur, kurma di Kota Prabumulih tepatnya di halaman Masjid Besar Ar Rahman RW 1 Kelurahan Pasar II Kecamatan Prabumulih Utara ternyata juga berbuah setiap tahun.

“Setiap tahun kurma ini buah, tapi memang bentuknya kecil. Untuk rasanya cukup manis, yang sering ambil warga dan pengurus masjid,” kata Ketua RW 1 Muhajir saat dibincangi Prabumulih Pos, Senin (28/12/2020).

Muhajir mengatakan, kurma yang ditanam di halaman Masjid tersebut awalnya merupakan bibit yang dibawa oleh warga dari Mekkah usai melaksanakan ibadah di tanah suci. Bibit tersebut, di tanam oleh pengurus masjid sekitar tahun 2010-an. “Dulu ada warga namanya pak Manto, sekarang tidak ada lagi sudah pindah. Pak manto kasih bibit bawa dari Mekkah, ditanam, awalnya dalam pot. Tapi dipindahkan, oleh pengurus masjid dirawat sehingga tumbuh seperti sekarang,” ucapnya.

Kurma yang kini setinggi 3 meter itu, ungkap Muhajir mulai berbuah sejak berumur 5-6 tahun. “Kalau belajar buah sekitar 5 tahun sejak ditanam, mulai lebat sejak 3 tahunan ini. Satu tangkai mungkin bisa 2-3 kilo,” imbuhnya.

Namun, sayang dari 2 bibit yang ditanam hanya 1 yang tumbuh subur dan berbuah. Satu batang akhirnya mati. “Tapi tumbuh tunas, jadi sekarang masih kecil,” lanjutnya.

Menurut Muhajir, sejauh ini untuk batang kurma memang terlihat ada ditanam dibeberapa tempat. Namun, yang berbuah dan berhasil hanya di Pasar II. “Setau saya, baru inilah kurma yang berhasil dan berbuah kalau di Prabumulih. Jadi kita sebagai warga terutama pasar II bersyukur, artinya tanah kita sangat subur walaupun memang kurma ini identik ditanam di Arab Saudi,” terangnya yang mengajak jemaah masjid untuk bersama-sama merawat dan menjaga pohon kurma.

Sementara itu, pantauan koran ini meski sudah puluhan tahun ditanam di depan Masjid. Ternyata masih banyak masyarakat yang tak mengetahui ada batang kurma dan telah berbuah di Prabumulih. “Lewat sini tiap hari, tapi baru hari inilah lihat ada kurma dan sudah buah,” kata Dewi warga Kecamatan Prabumulih Utara.

Dengan adanya kurma yang tumbuh dan berbuah, menurut Dewi tanah yang ada di Kota Prabumulih sangatlah subur. “Mungkin tanaman lain yang mustahil tumbuh, bisa tumbuh juga kalau ditanam di Prabumulih. Sebab sekarang sudah banyak terlihat tanaman-tanaman yang  sebelumnya tidak ada, tapi tumbuh,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed