oleh

Kurban Lebih Banyak dari Tahun Lalu

-Pendidikan-40 views

PRABUMULIH – Tahun ini kurban dari SMAN 7 lebih banyak dari tahun lalu, yakni sebanyak sebanyak 4 ekor sapi dan 7 ekor kambing. Sementara tahun lalu jumlah kurban hanya 3 ekor sapi dan 6 ekor kambing. “Alhamdulillah kesadaran para siswa dan guru untuk berqurban itu terus meningkat. Ini adalah tahun ke 4 keluarga besar SMAN 7 Berqurban bersama sama yang dilakukan di sekolah,”Kata Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Prabumulih, M Aliyenah SPd MSi Senin (12/8).

Ia mengatakan, melaksanakan penyembelihan hewan kurban di sekolah tak lain dengan tujuan untuk mengajarkan pada para siswa agar rela berkurban. Berkurban itu mendidik siswa agar terbiasa Berqurban, yang mana pada intinya merupakan pembelajaran untuk terbiasa berbagi kebahagiaan. “Kalau ibadah shalat dan puasa itu biasa, dalam aktivitas itu tidak ada pengorbanan yang begitu berat. namun saat melakukan ibadah qurban, kita diajarkan untuk memberi atau berbagi kebahagiaan kepada orang lain dengan memberikan hewan qurban,”jelasnya.

Waka Humas SMA Negeri 7 Prabumulih Deria Thalia SKom MSi menambahkan, untuk pembagian sebanyak 4 ekor sapi dan 7 ekor kambing ini pihaknya mencetak sebanyak 1000 kupon yaitu untuk seluruh siswa dan guru si SMA Negeri 7 Prabumulih sendiri, serta warga sekitar sekolah. Dengan jumlah hewan kurban yang bertambah, Ia juga mengatakan bahwa jumlah daging yang dibagikan juga bertambah. “Insyaallah jumlah daging yang dibagikan juga bertambah dari tahun sebelumnya karena ada tambahan 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing dibandingkan dari tahun 2018 lalu,”tambahnya.

Sementara pantauan koran ini seluruh siswa dan guru ikut berpartisipasi dalam pengelolaan hewan kurban tersebut mulai dari penyembelihan pemotongan hingga pembagian semuanya berpartisipasi. Jika para siswa dan guru lainnya ikut memotong dan membagi rata seluruh hewan qurban, di tempat terpisah para guru lainnya mempersiapkan untuk makan siang bersama dengan masak bersama di lingkungan sekolah. “Usai pemotongan dan pembagian hewan qurban maka kita akan makan siang bersama dengan menu pindang tulang yang sudah kita masak bersama-sama,karena saat ini masih masa hari tasyrik, tidak ada yang boleh puasa, makanya kita makan bersama di sekolah pada hari ini,”tandasnya.(05)

Komentar

News Feed