oleh

Kurangi Kantong Plastik dengan Besek Bambu

-Kecamatan-115 views

PRABUMULIH – Sejak Peraturan Walikota Nomor 23 Tahun 2019 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik dan sejenisnya diterbitkan, sejumlah dinas intansi mulai menggunakan besek sebagai pengganti kantong plastik.

Di Kota Prabumulih besek anyaman bambu tak sulit didapat. Apalagi dibeberapa desa terdapat kelompok UMKM yang mengolah dan menjual besek bambu salah satunya di Desa Tanjung Menang Kecamatan Prabumulih Selatan.

Direktur Bank Sampah Prabumulih (BSP) Dady Prayogi SPdI melalui Humas BSP Siti Zulaiha menyampaikan, BSP turut serta mempromosikan besek bambu. “Kami turut membantu penjualan, di BSP besek bambu juga kami sediakan. Meski untuk permintaan masih sedikit,” kata Siti kemarin.

Siti menyampaikan sampah plastik memang harus dikurangi, hal itu sudah tertuang dalam Peraturan Walikota Nomor 23 Tahun 2019 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik.

“Kami sangat mendukung program ini, dan keberadaan besek bambu diharapkan mampu menekan sampah plastik yang akhirnya memang selain mengurangi sampah, perekonomian masyarakat juga terbantu,” jelasnya.

Lebih lanjut Dian Nopita Sari salah satu operator BSP menyampaikan, beragam ukuran besek bambu tersedia di BSP. “Dari ukuran kecil hingga besar ada, dengan harga yang juga berbeda,” ucapnya.

Sementara itu salah satu Kelurahan yang mulai menggunakan besek bambu disetiap kegiatan yakni Kelurahan Majasari Kecamatan Prabumulih Selatan. “Termasuk minuman kami di kantor dan kegiatan menyiapkan gelas sendiri dan membawa minuman sendiri,” kata Lurah Kelurahan Majasari Inggit Damayanti SE.(08)

Komentar

News Feed