oleh

Kurang 11 Persen Menuju UHC

-Metropolis-75 views

PRABUMULIH – Syarat mencapai Universal Health Coverage, 95 persen masyarakat harus terlindungi atau masuk ke dalam program JKN-KIS di BPJS Kesehatan. Sementara itu, Prabumulih sendiri data dihimpun dari BPJS Kesehatan, jumlah kepesertaan baru mencapai 84 persen. Masih kurang 11 persen, menuju UHC. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Yunita Ibnu SE AAK menerangkan, kalau kekurangan ini harus didorong hingga kepesertaan tercapai 95 persen menuju UHC.

“Ke depan, tentunya dengan ribuan peserta terdaftar melalui APBD, pemilihan faskes sesuai dengan pilihan peserta. BPJS Kesehatan menyarankan, untuk terdaftar dengan faskes terdekat dengan domisili,” jelasnya, belum lama ini.

Lanjutnya, sekarang sudah ada Mobile JKN dapat diunduh melalui aplikasi playstore dan appstore. Aplikasi ini mempermudah peserta dalam mengetahui informasi mengenai program JKN KIS ataupun data kepesertaan peserta JKN KIS. Seperti kelas perawatan, faskes terdaftar, jumlah iuran, dan lain-lain.

“Dalam mendukung Program JKN KIS bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan berdonasi melalui Program JKN KIS. Program Donasi JKN KIS adalah bentuk partisipasi Badan Usaha/Badan Hukum yang memiliki kemampuan membayar iuran dan kepedulian terhadap sejumlah keluarga yang kurang beruntung di lingkungannya untuk didaftarkan menjadi peserta JKN-KIS dan membayar iuran selama keluarga tersebut masih membutuhkan bantuan,” jelas Yunita.

Lanjutnya, dalam menjalankan program JKN-KIS tentu BPJS Kesehatan membutuhkan dukungan dari stakeholder lainnya yaitu dari unsur pemerintah daerah. Pemda memegang peran penting dalam program JKN-KIS, setidaknya terdapat 3 peran penting Pemda. “Yakni memperluas cakupan kepesertaan JKN-KIS dengan mengintegrasikan Jamkesda ke dalam Program JKN agar tercapainya UHC di daerah, meningkatkan kualitas pelayanan, dan peningkatan kepatuhan,” bebernya.

Forum gabungan ini dihadiri oleh Asisten I, Dinas Kesehatan Kota Prabumulih, Badan Keuangan Daerah, IDI, Jasa Raharja, Dinas Tenaga Kerja, Puskesmas di kota prabumulih dan seluruh Rumah Sakit di Prabumulih. Asisten I, Drs Aris Priadi SH MSi mengatakan forum ini dibentuk untuk bersama saling berbagi informasi untuk mendukung Program JKN KIS.

“Forum ini dibentuk untuk bersana berbagi informasi dan bersinergi untuk mendukung Program JKN KIS dalam memberikan pelayanan kesehatan lebih baik terhadap masyarakat,” ujarnya. Kata dia, forum tersebut melibatkan Dinsos, Disdukcapil, dan lainnya. “Persiapan UHC Prabumulih, ditargetkan pada Desember mendatang,” tambahnya. (03/rel)

Komentar

News Feed