oleh

Kuburan Kena Jalur Double Track

PRABUMULIH – Proyek jalur ganda atau double track PT KAI akan dilajutkan di Kecamatan Prabumulih Barat. Nah, dikecamatan tersebut dua kelurahan yakni Kelurahan Prabumulih dan Kelurahan Patih Galung masuk dalam jalur pembangunan Double Track PT KAI.
Terkait hal itu saat ini Kecamatan Patih Galung tengah melakukan pendataan lokasi yang masuk dalam jalur double track.
“Pendataan sebetulnya hanya melanjutkan karena sudah lama dilakukan, dan sekarang pendataan masih dilakukan,” kata Camat Prabumulih Barat Andi Afrizal SSTp kemarin (13/7).
Dikatakan Andi, selain bangunan rumah ataupun bangunan lainnya. Bangunan kuburan yang ada di RW 1 Kelurahan Patih Galung juga masuk jalur pembangunan double track. “Untuk bangunan ada lebih kurang 100 yang kena. Sementara kuburan juga ada dan masih didata,” jelasnya.
Disampaikan Andi, sosialisasi pembangunan jalur double track sudah dilakukan oleh PT KAI. Dimana dalam sosialisasi tersebut selain dihadiri ketua RT RW, maupun tokoh masyarakat juga dihadiri oleh masyarakat.
“Jadi masyarakat sudah mengerti dan mengetahui, ini proyek Nasional. Insyallah nanti tidak ada kendala karena saat ini baik pendataan ataupun sosialisasi tidak ada kendala,” imbuhnya.
Begitupun dengan kompensasi dari PT KAI, kata Andi juga sudah diketahui oleh masyarakat. “Waktu sosialisasi sudah dijelaskan oleh pihak PT KAI, masalah tanam tumbuh berdasarkan Pergub (peraturan gubernur), untuk bangunan permeter kalau tidak salah sekitar 250 ribu, semi permanen Rp 200. Termasuk kuburan juga dapat,” ungkapnya.
Lalu disinggung terkait batas waktu pendataan, Andi menyampaikan tak ada batasan waktu hanya saja akan diupayakan untuk segera rampung. “Tidak ada batasan waktu, kalau sudah selesai data diserahkan, tentu keinginan kita secepatnya selesai,” lanjutnya.
Sementara itu ketua RW 1 Sairi mengutarakan, pendataan rumah dan pemakaman yang akan dilalui double track dilakukan sejak beberapa hari lalu. “Yang dilewati dari dusun Prabumulih tikungan padi sampai jalan Melati dan pemakaman yang terletak di RT 03 depan Zipur arah Bawah. Mudah-mudahan nanti sesuai harapan, pembangunan rel kereta api dua jalur berjalan aman dan lancar,” pungkasnya.(08)

News Feed