oleh

Kontingen Muratara Terancam Gagal Ikut Porprov

  • Belum Kantong Rekomendasi KONI Setempat

 

PRABUMULIH – Kontingen asal Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) terancam gagal ikut Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di kota Prabumulih. Itu menyusul tidak adanya rekomendasi dari KONI setempat.

Sedangkan berdasarkan regulasi atau aturan, kalau kontingen kabupaten dan kota harus didaftarkan KONI setempat.

Informasinya, Bupati Muratara sudah mengirimkan kontingen untuk mengikuti Porprov. Bahkan pihak Dispora Muratara sendiri sudah mencari tempat tinggal atau penginapan atlet di kota Prabumulih.

Ketua KONI Sumsel, Dennie Zainal dikonfirmasi tidak memungkiri hal itu. Ia menegaskan, kalau rekomendasi KONI Kabupaten/Kota menjadi syarat mutlak mengikuti Porprov.

“Sejauh ini, rekomendasinya masih kita tunggu. Jika keluar, artinya kontingen Muratara bisa ikut Porprov. Jika tidak keluar, yah artinya gagal,” terangnya di sela-sela rapat bersama perwakilan kabupaten/kota di Gedung Kesenian Rumah Dinas (Rumdin) Walikota (Wako), Selasa malam (5/11).

Belum adanya rekomendasi tersebut, diakuinya ada masalah internal di Kabupaten Muratara. Ungkapnya, kalau sampai itu terjadi perwakilan Kabupaten Muratara tetap bisa mengikuti defile pembukaan Porprov.

“Tetapi, kalau ikut bertanding tidak. Aturannya ketat, dan sudah berkonsultasi ke KONI Pusat. Rekomendasi sifatnya mutlak dikantongi. Apalagi, ini multi event,” tegasnya.

Pada pertemuan itu, Denie juga memaparkan teknis penyambutan atlet seluruh kabupaten dan kota di Bumi Seinggok Sepemunyian ini. “Pada saat tiba di kota Prabumulih, akan disambut di halaman kantor pemkot untuk penaikan bendera kontingen. Setelah itu nanti akan diantar ke penginapan masing-masing,” kata mantan anggota DPRD Provinsi ini.

Untuk pembukaan sendiri direncanakan akan dilaksanakan pada 16 November bertempat di Stadion Talang Jimar jalan lingkar. “Pak wali minta agar seluruh kontingen semuanya ikut difile,” ujarnya.

Keesokan harinya, usai pembukaan akunya diharapkan perwakilan kabupaten/kota diimbau menghadiri kegiatan aksi pungut sampah dan senam bersama di taman kota Prabujaya.

“Nanti pengumpul sampah terbanyak. Bakal ada reward diberikan Pak Wako,” bebernya.

Disinggung soal persiapan kota ini, Dennie mengakui kegigihan Wako dan jajarannya dalam mempersiapkan diri sebagai tuan rumah.

“Baik hotel dan penginapan, sampi lokasi pertandingan cabor. Semuanya sudah siap sekitar 90 persen ke atas, tinggal lagi penyelenggaraannya saja. Harapan kita berlangsung lancar dan sukses,” jelasnya.

Bahkan, ia sendiri telah meninjau lokasi pembukaan. Begitu juga, sejumlah venue sebagai lokasi pertanding dan hotel serta penginapan.

“Prabumulih, telah benar-benar siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Porprov,” ucapnya.

Sebutnya, ada enam cabang olahraga akan berlangsung terlebih dahulu. Alasannya, karena jumlah peserta banyak. “Sementara itu, waktu penyelenggaraan Porprov hanya 10 hari,” tandasnya.

Lanjutnya, data terakhir dihimpunnya ada sekitar 6.000-an atlit dan official mengikuti Porprov di Kota Nanas ini.

“Prabumulih akan dipadati atlit dan official serta panitia penyelenggara selama Porprov berlangsung,” tukasnnya. (03)

 

Komentar

News Feed