oleh

Konsep Awal Jadi Sekolah Unggul

//Terapkan Standar Rekrutmen Siswa Baru

//IT Program Unggulan Sekolah

PRABUMULIH – Untuk mempertahankan mutu dan kualitas lulusan, maka SMA Negeri 3 Prabumulih harus diperhatikan dalam hal input atau rekrutmen dalam penerimaan siswa baru. Dengan begitu, ketika pelaksanaan proses belajar, maka akan sinergi untuk fokus pada pengembangan pendidikan siswa.

Demikian disampaikan Kepala SMA Negeri 3 Prabumulih Freni Listiyan, S.Pd, M.Si didampingi Bagian Humas Nunik Nosali, pada Talkshow Bincang Pagi Bersama Radio Pentas 98.7 FM di Graha Prabumulih Pos, bersama Tengku Hendra, Ade Rosad dan Crew Pentas Radio Selasa (8/6/2021), sekitar pukul 09.00 WIB.

Bincang pagi yang berlangsung rileks tersebut, banyak membahas keberhasilan SMA Negeri 3 Prabumulih sebagai sekolah Rujukan dengan berbagai program ungulannya. “Alhamdulillah hingga saat ini SMA Negeri 3 Prabumulih tetap mempertahankan diri sebagai sekolah Rujukan di Kota Prabumulih. Tentunya, ini semua berkat kerja sama yang baik warga sekolah dan pihak terkait lainya,” ungkap wanita yang memiliki hoby membaca ini.

Feni mengatakan, sejarah berdirinya SMA Negeri 3 Prabumulih adalah memang dipersiapkan untuk menjadi sekolah unggulan. Ini seiring dengan pendirian sekolah unggulan lainnya di beberapa daerah di Sumatera Selatan (Sumsel). Salah satunya, SMA Negeri 17 Palembang. “Peresmian SMA Negeri 3 Prabumulih pada tanggal 3 Juni 2003, dengan penandatanganan prasasti oleh Taufik Kemas dihadiri beberapa Menteri saat itu,” jelasnya.

Selanjutnya kata Freni SMA Negeri 3 mendapatkan Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional dengan nilai 92 Predikat A (Unggul), tepatnya pada 24 November 2017. Kemudian sekolah Model tahun 2017, Sekolah Rujukan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2018, selanjutnya sekolah Percontohan Berbasis IT di Sumsel dengan Surat Keputusan (SK) Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, dan Sekolah Rujukan Sumatera Selatan tahun 2021.

“Sebagai sekolah rujukan tentunya, dibutuhkan komitmen warga sekolah dan pihak terkait lainnya untuk memperhankannya,” terangnya. Oleh karena itu, SMA Negeri 3 Prabumulih sangat konsen terhadap anak didiknya. Bahkan, seleksi ketat dilakukan sejak penerimaan. Dimana SMA Negeri 3 Prabmulih memang dari sejak berdirinya dulu kata dia, merekrut siswa-siswa berprestasi. Setidaknya, masuk 5 besar rangking kelas.

“Kami sangat konsen dari sejak input, proses dan output. SMA Negeri 3 Prabumulih memang dari awal dipersiapkan untuk mencetak generasi bangsa yang handal, melalui pengembangan IPTEK, IMTAQ dan pendidikan karakter dengan menjunjung tinggini nilai-nilai akhlaqulkarimah. Oleh akrena itu, kami tegas dalam penerapan standar rekrutmen siswa baru,” jelas kata Freni.

Berbicara program unggulan SMA Negeri 3 Prabumulih cukup banyak. Misalnya lanjut dia, sistem pembelajaran menggunakan hybrid learning, program Samntiku Cerdas, kemudian implementasi G-Suit dalam pembelajaran, pembinaan eskul dan kompetisi sain, kelas digital, solat dhuha bersama dan budaya disiplin dan mandiri. “Visi SMA Negeri 3 Prabumulih adalah mewujudkan insan cerdas dan berkarakter melalui pengembangan IPTEK, IMTAQ, dan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi yang berwawasan lingkungan,” paparnya.

Jika ditanya terkait prestasi, SMA Negeri 3 Prabumulih jangan diragukan lagi. Tentunya imbuh dia, sangat banyak. Seperti Juara 1, 2 dan 3 lomba KOSN 2020, Juara 1 O2SN tingkat Kota Prabumulih, medali perunggu Rangking 1 pada final Kompetisi Matematika Nalari Realistik Nasional tahun 2020, Juara 2 National School Debating Championship dan masih banyak lagi prestasi siswa. “Tidak hanya siswa, guru-guru SMA Negeri 3 Prabumulih aktif mengikuti perlombaan baik tingkat kota, provinsi hingga Nasional. Bahkan, aktif mengikuti pelatihan-pelatihan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan segala keberhasilan melalui prestasi membanggakan, tentunya ia selalu meminta dukungan semua pihak untuk mendukung program pendidikan SMA 3 Prabumulih untuk tetap berkualitas. “Kebanggaan kami adalah saat melihat siswa kami berprestasi. Menjadi generasi bangsa yang cerdas, sehat, kuat, beriman dan bertqwa, dan sukses dalam menjalani kehidupannya,” pungkas Freni. (asa/05)

Komentar

News Feed