oleh

Komunikasi Pengaruhi Semangat Belajar

WONOSARI – Kepala Sekolah (Kepsek) SD Negeri 33 Prabumulih Yusnidar SPD mengatakan bahwa komunikasi terbaik antara Kepala Sekolah (kepsek), guru dan para siswa merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan terjalinnya komunikasi yang baik antara siswa dan guru maka para siswa merasa nyaman dan tentunya akan mempengaruhi semangat belajar mengajar di sekolah.

Hal ini selalu diterapkan oleh Kepala Sekolah SD Negeri 33 Prabumulih, Yusnidar SPdI. Ia selalu mengawali kegiatan belajar mengajar, para siswa dengan pembacaan doa bersama dan bersalam-salaman di luar ruang kelas.

Aktivitas ini merupakan salah satu poin penting dalam penguatan pendidikan karakter yang harus ditanamkan dalam diri seluruh siswa sejak dini. “Dalam aktivitas bersalaman dan berdoa itu termasuk karakter religius, nasionalisme dan kemandirian anak, dan aktivitas tersebut adalah hal Penting yang harus tetap dilaksanakan,”jelasnya.

Ia mengatakan tahun ini ada siswa SDN 33 yang tidak naik kelas, sehingga meski banyak yang ingin masuk terutama siswa pindahan dari sekolah lain, karena ruang kelas dan kursi sangat terbatas.

“Sebenarnya kita kasihan ada beberapa orang tua yang datang ke sekolah kita untuk masuk sekolah di SDN 33, tapi tidak bisa lagi menampung karena sudah full. Dengan jumlah seluruh siswa kelas 212 yang pindahan tidak bisa diterima. Itupun sudah ada yang lebih dari 32 dalam satu kelas,”bebernya.

Meski begitu mantan kepala sekolah SD Negeri 66 Prabumulih ini berharap para guru tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar seperti biasa dan tidak ada siswa yang dirugikan.

“Harusnya dalam ruang kelas itu satu kelas ada 28 siswa, Namun kita harus pertimbangkan untuk menambah siswa hingga lebih dari 28 dalam satu kelas, karena banyak siswa kita yang saudara kandung di sini sehingga tidak mau pisah dengan adik kakaknya.”bebernya Seraya mengatakan hal itu boleh saja karena masih bisa diterima dapodik.(05)

Komentar

News Feed