oleh

Kirim Soal Ujian Melalui WhatsApp

PRABUMULIH – Berbagai cara dilakukan oleh pihak sekolah untuk mengajak para siswa untuk bisa mengikuti Ujian Sekolah dari jarak jauh, karena tidak bisa tatap muka. seperti yang dilaksanakan di SMP PGRI Prabumulih, memilih untuk tetap melaskanakan Ujian secara dalam jaringan (daring).

Namun belum menggunakan aplikasi belajar, melainkan masih menggunakan aplikasi sejuta umat. yaitu Aplikasi WhatsApp yang semua orang hampir memiliki aplikasi satu ini. nah tekhnisnya adalah panitia mengirimkan soal Ujian melalui whatsApp, dan diberi waktu untuk menjawab sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

“Bedanya hanya dari jarak jauh saja, semua tetap berjalan seperti biasa. kita beri waktu siswa menjawa soal selama 90 menit hingga 120 menit. setelah menerima soal, maka siswa wajib mengerjakan dan menjawa dalam waktu yang sudah tersedia, kalau lewat waktu maka diberi alternatif harus mengulang,” kata Kepala Sekolah SMP PGRI Prabumulih, Hj Sri Rejeki SPd,  Senin (5/4/2021).

Wanita yang dalam kesehariannya merupakan guru mengaji ini mengatakan, saat berada pada masa pandemi, bukan hanya orang tua namun para guru juga menghawatirkan ilmu yang diserap oleh siswa dari jarak jauh.

Namun karena aturan Pemerintah, maka Sekolah mengikuti. karena itu semaksimal mungkin melaksanakan Ujian dari jarak jauh, dengan memberikan kepercayaan kepada para siswa, bahwa mereka mampu menjawab soal yang di ujikan.

“Kebenaran sekarang ini kita hanya dibekali kisi-kisi, dan soal merupakan produk masing-masing sekolah. sehingga guru mata pelajaran dapat menyesuaikan dengan materi yang akan dujikan sesuai dengan materi yang sudah disampaikan pada siswa,” bebernya.

Lebih jauh wanita ini mengatakan, tahun ini ada sebanyak 112 siswa SMP PGRI yang ikut ujain, wanita ini berharap agar semuanya dapat mengikuti ujian dengan baik, dan dapat menjawab serta mengumpulkan jawaban sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. “Itulah bentuk keseriusan siswa saat ikut ujian, mereka sudah standby menunggu soal Ujian dan alhamdulillah mengumpulkan jawaban tepat waktu,” tandasnya.(05)

Komentar

News Feed