oleh

Kirim Data Warga Miskin ke Pusdatin

-Kecamatan-79 views

PRABUMULIH – Data untuk calon penerima bantuan sosial, atau data masyarakat tak mampu dari ketua RT RW di 37 Kelurahan Desa telah diterima oleh Dinas Sosial. Data tersebut kata Kepala Dinas Sosial Bustomi SE, sudah mulai diverifikasi untuk dimasukkan secara online. “Tapi itu belum valid semua, jadi akan kita verifikasi. Kita masukkan secara online berapa sih yang diterima oleh sistem,” kata Bustomi dibincangi di gedung DPRD Senin (22/7).

Dikatakan Bustomi, setidaknya sudah terdata 34 Ribu masyarakat yang ada di Kota Prabumulih, yang bisa diajukan sebagai penerima bantuan sosial. “Tapi kalau kemungkinan ada susulan, tetap bisa kita tampung,” ucapnya. 34 Ribu data yang masuk tersebut ungkap Bustomi, sudah dikirim ke Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatin Kesos). “Tapi Pusdatin minta dimasukkan di aplikasi supaya secara online,” bebernya.

Disinggung terkait hasil pendataan, adakah warga yang sudah tercatat sebagai penerima bantuan masih terdata. “Sebagain kemarin saat verifikasi secara manual ada, tapi kita keluarkan,” imbuhnya.

Masih lanjut dia, keberadaan data tersebut tak lain agar Pemerintah Kota (Pemkot) sudah siap bila ada program bantuan dari Pusat. “Karena data itu bisa untuk semua program yang menyangkut data masalah sosial, sumbernya dari data itu. Seperti Kis, BNT, PKH dan sebagainya,” tukasnya menambahkan penerima bantuan tetap ditentukan oleh pusat.

Sementara itu kemarin, sejumlah warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan non PKH, di Kelurahan Wonosari mulai melakukan pencairan. Puluhan warga antri untuk mencairkan bantuan dengan bantuan dengan mengambil kupon beras. “Kalau disini dapat beras sekampil, kalau untuk duet itu bulan 10 kagek dicairkan di Bank,” kata Siti Saenah warga RT 8 RW 3 Kelurahan Wonosari Kecamatan Prabumulih Utara.(08)

Komentar

News Feed