oleh

Khawatir Ortu Tak Faham PPDB Online, Minta Kepsek SD Sosialisasi

-Pendidikan-249 views

PRABUMULIH – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online, dikhawatirkan belum sepenuhnya difahami oleh para orang tua calon siswa. Karenanya, kepala sekolah SD perlu mensosialisasikan proses penerimaan peserta didik baru di tingkat SMP.
“Di khawatirkan para wali siswa belum bisa melaksanakan proses pendaftaran secara online. Karena itu pihak sekolah harus membantu memfasilitasi alumni untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke sekolah yang lebih tinggi,” kata Kepala Bidang pembinaan SMP Haryadi SPD saat mensosialisasikan proses PPDB tingkat SMP, di aula Dinas Pendidikan Kota Prabumulih yang diikuti oleh seluruh kepala sekolah SD Negeri dan swasta se kota Prabumulih kemarin.
Kepala Bidang pembinaan Sekolah Dasar, Ridwan SPd MSi menambahkan memang keinginannya agar pihak sekolah dasar memfasilitasi agar seluruh siswa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.
Proses PPDB secara online memang cukup baik namun tidak semua masyarakat sudah Mampu mengoperasikan komputer dan bisa mengikuti kemajuan teknologi seperti saat ini. karena itu peran sekolah diharapkan bisa berpartisipasi mempermudahkan proses ini jangan sampai alumni SD tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
“Sedangkan untuk seluruh SD yang ada di Kota Prabumulih mantan kepala sekolah SMP Negeri 1 Prabumulih ini berharap agar melaksanakan proses PPDB sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang sudah disampaikan sebagai acuan,”tegasnya.
Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan, Kusron SPd MSi mengatakan, sosialisasi pelaksanaan penerimaan peserta didik baru sangat penting dilakukan. karena sekaligus sebagai petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan dalam proses PPDB di tingkat SD Kota Prabumulih.
“Dalam pelaksanaan PPDB tingkat SD tidak perlu banyak seleksi mulai dari membaca dan berhitung, jika umur sudah memenuhi syarat dan lokasi dekat sekolah silakan diterima jika kuota masih memungkinkan,”jelasnya.
Sementara Kepala sekolah SD Negeri 30 Prabumulih Noni Andrayani SPd MSi saat dikonfirmasi koran ini mengatakan jadwal pelaksanaan PPDB di sekolahnya belum bisa dilangsungkan, karena masih menunggu petunjuk teknis dari dinyas Pendidikan diakuinya sudah banyak masyarakat yang ingin menitipkan anaknya untuk sekolah di SD 30 Namun karena jadwal yang belum jelas sehingga statusnya hanya sekalian nitip.
Memang saat ini masih banyak yang belum Daftar Namun kita Yakin pada saat masuk tahun ajaran baru insya Allah kuota 2 kelas untuk SD 30 itu terpenuhi karena itu kita tidak terlalu khawatir mendaftar. “Banyak orang tua yang sudah datang untuk mendaftarkan anaknya tapi namanya masih berstatus menitip karena jadwal PPDB kita baru mulai hari ini bahkan petunjuk teknisnya baru dikeluarkan oleh dinas pendidikan berbarengan dengan pelaksanaan sosialisasi,”tandasnya.(05)

Komentar

News Feed