oleh

Kesulitan Vaksin Anjing Liar

-Metropolis-92 views

PRABUMULIH – Dinas Pertanian Kota Prabumulih, menyiapkan 1.500 vaksin untuk mencegah penyakit rabies pada hewan. Bahkan pemberian vaksinasi terhadap hewan seperti anjing, dan kucing sudah dilakukan oleh bidang peternakan. “Tapi sekarang masih berjalan, kalau ada hewan yang akan divaksin laporkan kami akan datang,” kata Kepala Dinas Peternakan Drs Syamsurizal SP MSi.

Ia menyampaikan, vaksinasi diberikan secara gratis. Namun, terkadang saat dilapangan petugas kesulitan dalam memberikan vaksin untuk hewan liar. “Apalagi anjing yang tidak bertuan. Yang ada tuannya saja, kadang tidak mau pegang,” bebernya. Menurutnya, sebanyak 1.500 vaksin tersebut cukup untuk tahun 2019. “Cukup, awal tahun biasanya ditambah stok baru,” ucapnya.

Disinggung terkait laporan gigitan anjing? Ia mengaku memang sempat ada laporan, namun tak bisa dipastikan apakah angjing yang menggigit rabies. “Karena anjing sudah dibunuh, harusnya untuk mengetahui rabies tidak. Setelah mengigit dieliminasi dulu, kalau dia tetap sehat tidak rabies. Tapi kalau mati rabies,” imbuhnya.

Ia menuturkan, bila masyarakat resah akan keberadaan anjing liar. Yang dikhawtirkan menderita rabies. Untuk kiranya dieliminasi. “Kalau memang ada anjing liar yang meresakan eliminasi saja. Dari pada sakit, rabies lebih baik tidak dipelihara,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed