oleh

Kesulitan Air Bersih Mulai Terjadi

PENDOPO – Memasuki musim kemarau tahunan, mulai terjadi kemarau pertengahan di tahun ini. Membuat beberapa wilayah di Bumi Serepat Serasan, mulai mengalami kesulitan mencari sumber kebutuhan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Seperti di Desa Sinar Dewa, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Dimana, warganya terpaksa menggunakan air danau terletak tak jauh dari pemukiman, untuk keperluan mandi, mencuci dan memasak mesekipun air tersebut tidak layak.

Namun warga setempat tidak ada pilihan lain dan tetap mengunakan waduk tesebut, meskipun air tersebut warnanya sudah keruh. Keadaan ini tentu sangat dikeluhkan masyarakat, terutama penyakit kulit yang sering dialami warga yang kebanyakan menyerang anak-anak.

“Tidak ada pilihan lain pak, kami sudah biasa dan hanya danau inilah yang bisa dipakai untuk mandi dan cuci. Kalau untuk minum, kami beli atau mengambil ke sumur tapi jaraknya lumayan jauh. Kadang juga apabila hujan turun, kami tampung airnya,” ujar Yuli, warga setempat, akhir minggu ini

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Sinar Dewa, Heri mengharapkan, agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas terkait bisa memberikan solusi untuk menuntaskan kesulitan yang dialami warganya saat ini.

“Desa kami ini sulit sekali mencari sumber air bersih, pernah beberapa kali kami membuat sumur bor, tapi gagal. Dan kami minta Dinas terkait membuatkan penampungan air bersih dengan kapasitas besar atau mengaliri air bersih melalui perusahaan air minum,” harapnya.

Dirinya dan warganya sangat mengharapkan dialiri PAM didesanya, agar menjawab semua mimpi yang belum terwujud hingga usia Kabupaten PALI sudah enam tahun.

“Apabila terlalu jauh untuk menyalurkan jaringan PAM, kami mengusulkan Kepada Pemerintah untuk mengalirkan air dari danau Batang Hari Siku yang ada di Desa Karta Dewa, dimana tidak pernah kering sepanjang tahun dan airnya sangat jernih. Karena setiap hari warga sini menggunakan air keruh yang tentunya tidak baik untuk kesehatan,” pintanya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Junaidi Anuar mengatakan, bahwa pihaknya akan mengakomodir semua keluhan masyarakat yang membutuhkan air bersih, BPBD siap untuk memberi bantuan apa bilah ada laporan dari Kepala Desa yang membutuhkan suplai air besih

“Kami belum dapat lapuran dari Kades, kami siap akomodir, BPBD siap untuk memberi bantuan apa bilah ada laporan dari Kepala Desa yang membutuhka suplay air besih. Namun jika ada masyarakat yang membutuhkan air bersih BPBD siap untuk memberi bantuan, karena Tim BPBD terus melakukan pengecekan kelapangan terkait krisisnya air bersih akibat musim kemarau,” katanya. (ebi)

Komentar

News Feed