oleh

Kerupuk Tulang Ikan Nek Inaw

-Kecamatan-14 views
  • UP2K Unggulan di Majasari

MAJASARI – Selain dikenal sebagai sentra Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dandang, Kelurahan Majasari Kecamatan Selatan juga terkenal UP2K yang memproduksi  kerupuk kelempang.

Salah satu kerupuk kelempang yang paling dikenal yakni, UP2K Nek Inaw yang beralamat di Jalan Kelekar no 22 RT 4 RW 1.

Uniknya, kerupuk kelempang yang diproduksi nek Inaw tak hanya dari ikan tapi tulang ikan dan belut. “Sejak tahun 1991, sudah mulai buka usaha kemplang dari kulit ikan dari awalnya 2 kg bahan sagu sekarang 2 karung sagu,” kata nek Inaw pemilik UP2K kerupuk Nek Inaw.

Untuk harga lanjut dia, kemplang yang sudah diproduksi dijual Rp 10 ribu – 20 ribu. “Kalau tulang ikan Rp 15 ribu, kalau gabus Rp 20 ribu harga beda beda” ucapnya.

Sedangkan untuk pembeli kemplang nek Inaw sudah berasal dari berbagai daerah khususnya di Sumatera Selatan. “Dari Tanjung Enim, Baturaja Prabumulih sudah banyak yang beli,” ungkapnya.

Lurah Majasari Kecamatan Prabumulih Selatan Inggit Damayanti SE mengakui, di Kelurahan Majasari terdapat ratusan UMKM termasuk UP2K.

“Kami tengah mendata, dan mempromosikan UMKM yang ada di Kelurahan Majasari baik dalam bentuk video ataupun media sosial,” kata Inggit.

Khusus UP2K kemplang ikan, Inggit mengaku sudah secara langsung mempromosikan usaha tersebut dalam bentuk video.

“Mudah mudahan usaha usaha masyarakat Majasari makin dikenal luas, dengan begitu ekonomi masyarakat lebih mengeliat,” harap Lurah Inovatif ini.(08)

 

 

 

Komentar

News Feed