oleh

Keren… Pemilihan Kaling Demokratis di Martapura

MARTAPURA – Sikap berdemokrasi tak hanya berada di level tinggi dalam pemerintahan. Melainkan bisa dilakukan di tingkat terbawah. Seperti yang terjadi di Kelurahan Terukis Rahayu, Kecamatan Martapura Kabupaten OKUT.
Pasalnya, dalam melaksanakan pemilihan kepala lingkungan (Kaling) di daerah tersebut dilaksanakan secara demokratis berupa pemilihan langsung. Setidaknya ada dua kandidat masing-masing Suradi dan Muhari yang bersaing memperebutkan dukungan warga di Lingkungan 1, Kelurahan Teruskis Rahayu.
”Ini bisa menjadi percontohan daerah lain di OKUT ini, yakni satu-satunya pemilihan ketua Kaling secara demokratis. Bahkan pemilihannya tak kalah ramai dengan Pilkada yang biasa dilaksanakan setiap lima tahun sekali,” ungkap Ketua Panitia Erwin Tarmizi disela-sela pelaksanaan pemilihan Kaling, Sabtu (27/1).
Erwin mengatakan, pelaksanaan pemilihan dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Diawali dengan acara seremoni beruapa sambutan dari bapak camat Martapura H Faisal. Setidaknaya ada 511 mata pilih yang akan mencoblos di tempat pemungutan suara. ”Kami lihat antusias warga luar biasa. Kami tentunya bangga dengan antusias warga dalam memilih siapa calon yang akan duduk sebagai kepala Kaling 1 Terukis Rahayu ini,” terangnya.
Harapan panitia tentunya ini bentuk demokrasi yang sebenarnya di OKUT ini. Sejak pagi tadi lanjut Erwin pencoblosan masih terus berlangsung. Warga berdatangan dengan suka rela menyempatkan waktu dari kesibukannya untuk memilih kepala lingkungan. ”Semoga calon yang terpilih nantinya sesuai dengan harapan dan dapat melayani warga sekitar,” tukasnya.
Camat Martapura H Faisal SKM mengatakan, pelihan kepla lingkungan ini bentuk dari sikap demokrasi yang diharapkan menjadi contoh. ”Kita berharap calon yang terpilih nanti sesuai dengan harapan masyarakat. kalau dilihat mata pilih yang ada di lingkungan 1 Terukis Rahyu ini cukup banyak mencapai 511 mata pilih,” tuturnya.
Hingga berita ini diturunkan, pencoblosan masih berlangsung. Warga terus berdatangan silih berganti. Panitia pun terus melayani pemilih hingga batas waktu hingga pukul 14.00 WIB. Selanjutnya, panitia akan melakukan penghitungan suara untuk menentukan siapa calon yang mendapat dukungan terbanyak. (asa)

News Feed